Connect with us

Peristiwa

Abdul Rahman : Garasi Diharapkan Menjadi Wadah Pelopor Pengawasan Partisipatif 

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum – Gerakan Sadar Demokrasi (GARASI) diharapkan menjadi wadah pelopor gerakan pengawasan partisipatif, hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Bulukumba Abdul Rahman di sela-sela kegiatan sosialisasi dan launching GARASI yang dilaksanakan di ruang Krakatau, Hotel Horison Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Sabtu (24/9/2022).

“Garasi ini kedepan diharapkan menjadi pelopor gerakan partisipatif,” urainya.

Sebagai gerakan, GARASI dirancang sebagai wadah keberlanjutan dari program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang telah dilaksanakan Bawaslu sejak tahun 2019 lalu.

“Sampai saat ini, jumlah alumni SKPP di Bulukumba sudah mencapai ratusan. GARASI dapat menjadi wadah bagi para kader SKPP untuk mempelopori gerakan partisipatif di Bulukumba,” tambah Rahman.

Adapun yang mewakili SKPP Bulukumba, yakni Muhammad Aswan Syahrin dan Andi Muhammad Dahnial.

Aswan menjelaskan jika kegiatan ini sangat penting sebagai penguatan kader. Apalagi kedepan tantangan pemilu semakin komplek, sehingga membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat agar pemilu berjalan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis.

Pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini, jelas Aswan.

Ditempat yang sama, delegasi Bawaslu Bulukumba Andi Muh. Danial yang mewakili kaum difabel berterima kasih atas ruang yang terus diberikan Bawaslu dalam keterlibatan kaum difabel dalam pengawasan partisipatif.

“Melalui program ini kami berharap Pemilu ke depan semakin ramah Disabilitas, pelibatan kaum difabel dalam pengawasan partisipatif diharapkan dapat mewujudkan pemilu yang inklusif,” tutup Danial.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *