Connect with us

Peristiwa

Sekretaris DPK Sulsel akan Berkantor Sehari di Alauddin Sehari di Tamalanrea

Published

on

Spread the love

Drs. H. Andi Sangkawana, M.Si yang pekan lalu dilantik menggantikan Widyawaty T, S.Sos, M.H sebagai  Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, sejak Jum’at (3/6/2022) lalu mulai aktif melaksanakan tugas dengan terlebih dahulu melakukan orientasi dan pengenalan terhadap lingkungan kerjanya.

Setelah melapor ke Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H, tugas pertama yang dilaksanakan Andi Sangkawana adalah mewakili kepala dinas menyampaikan sambutan sekaligus memperkenalkan diri kepada para pegawai yang ada di DPK Sulsel di Acara Jumat Ibadah yang di Masjid Ashabul Jannah DPK Sulsel di Jalan Sultan Alauddin km. 7 Tala’ Salapang Makassar.

Usai menghadiri Jumat ibadah, Sekdis Andi Sagkawana di dampingi Kepala Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M, langsung melakukan peninjauan di Kantor Perpustakaan Multimedia yang berlokasi di sebelah selatan Masjid Ashabul Jannah, sekaligus melihat langsung ruangan sekdis yang berada di lantai dua gedung tersebut.

Gedung Perpustakaan Multimedia ini adalah salah satu kantor dari lima kantor yang dimiliki DPK Sulsel. Di lantai satu terdapat ruangan kepala UPT layanan perpustakaan, ruangan pustakawan utama DPK Sulsel dan aula perpustakaan multimedia. Sedangkan di lantai dua terdapat ruangan sekdis, ruangan kepala bidang perpustakaan, ruangan Dharma Wanita Persatuan (DWP) DPK Sulsel, ruangan staf umum dan kepegawaian, ruangan seksi pembinaan perpustakaan dan ruangan seksi pengembangan dan pengolahan bahan perpustakaan.

Usai melihat langsung situasi di Gedung Perpustakaan Multimedia, selanjutnya Sekdis Andi Sangkawana bersama Kabid Perpustakaan Yulianto berjalan kaki menyeberang ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum yang dulu lebih dikenal dengan nama Perpustakaan Wilayah Sulawesi Selatan. Gedung yang terletak di Jalan Sultan Alauddin Km.7 Talasa’ Salapang  Makassar ini juga terdiri dari dua lantai. Lantai satu di fungsikan sebagai ruang layanan perpustakaan umum di dalamnya juga terdapat ruang layanan referens, sedangkan di lantai dua terdapat ruang kepala dinas, ruang layanan deposit, ruang layanan Pusat Peraga IPTEK dan ruang seksi deposit.

Senin (6/6/2022) Sekdis Andi Sangkawana mengikuti kegiatan apel pagi sekaligus lepas sambut di lapangan upacara Kantor DPK Sulsel di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 12 Tamalanrea Makassar. Usai lepas sambut Sekdis Andi Sangkawana juga melakukan peninjauan di ruangan yang ada di Kantor DPK yang menjadi tempat beraktifitas para pegawai Bidang Kearsiapan, UPT Jasa Kearsipan serta pegawai sekretariat.

Kantor DPK Sulsel di Jl. Perintis Kemerdekaan ini bagian depannya terdiri dari dua lantai di lantai pertama terdapat ruang kadis, ruang layanan kearsipan dan ruang pengolahan arsip. Sedangkan di lantai dua terdapat ruang sekdis, ruang sub bagian umum dan kepegawaian, sub bagian program dan sub bagian keuangan. Di gedung belakang terdiri dari lima lantai lantai pertama terdapat ruangan kepala bidang dan staf kearsipan, ruang kepala UPT jasa kearsipan dan staf. Ruang Depot Arsip terletak di lantai satu, dua tiga dan empat.

Selasa (7/6/2022), Sekdis Andi Sangkawana di dampingi Kabid Perpustakaan Yulianto melakukan kunjungan ke Gedung Layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang DPK Sulsel yang terletak di  Jalan Kenanga Sungguminasa. Kehadiran sekdis di Gedung Layanan Perpustakaan berlantai tiga ini di sambut Koordinator Layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Safaruddin, S.Sos., M.AP yang langsung mendampingi sekdis melakukan peninjauan ke setiap ruang yang ada mulai dari lantai satu sampai ke lantai tiga.

Dari Gedung Layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, sekdis bersama kabid perpustakaan selanjutnya berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak DPK Sulsel di Jalan Lanto Dg. Pasewang Makassar. Gedung ini dulunya adalah rumah dinas Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sulsel yang dialihfungsikan menjadi Gedung Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak. Kehadiran sekdis di Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak yang kini menjadi role model di Indonesia ini, disambut Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Umum dan Multimedia DPK Sulsel Hj. Feby Promajanti, T.T,  S.Sos, M.Si bersama Koordinator Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak Dra. Anggraeni, M.M.

DPK Sulsel ini adalah salah satu OPD Pemprov Sulsel yang memiliki dua fungsi dan peran yaitu Bidang Perpustakaan dan Kearsipan. Para pegawai yang bertugas di bidang kearsipan, aktifitasnya terpusat di Kantor DPK di Jalan Parintis Kemerdekaan Tamalanrea, sedangkan bidang perpustakaan aktifitasnya lebih banyak di Jalanan Sultan Alauddin Tala’ Salapang, di samping di Layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang dan Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak.

Sama seperti Kadis, Sekdis juga memiliki dua ruangan satu di Kantor DPK di Jalan Parintis Kemerdekaan Tamalanrea, dan satunya lagi di Jalanan Sultan Alauddin Tala’ Salapang Makassar.

Kamis (9/6/2022), Sekdis Andi Sangkawana terlihat mulai menempati ruangannya di Gedung Perpustakaan Multimedia dan melaksanakan tugas-tugas rutin administrasi pemerintahan di DPK Sulsel.

“Supaya kegiatan administrasi pemerintahan di DPK Sulsel ini dapat berjalan dengan baik, maka saya akan berkantor sehari di Alauddin dan sehari di Tamalanrea, jadi kalau hari ini saya berkantor di Alauddin, besok saya di Tamalanrea lagi begitu seterusnya,” kata Andi Sangkawana, yang ditemui di ruangannya, Kamis (9/6/2022), ia juga mengatakan bahwa Jum’at besok dia berkantor dan sekaligus menghadiri kegiatan Jumat Ibadah yang dilaksanakan di Masjid Syahrul Qiraah DPK Sulsel di Jalan Perintis Kemerdekaan Tamalanrea Makassar. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *