Connect with us

Peristiwa

Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa Dengan Melakukan Kunjungan Ke KPU

Published

on

Spread the love

Mahasiswa Semester empat Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Saat Melakukan Kunjungan Ke KPU Kab. Gowa. Kamis (09/06/2022).

WARNASULSEL.COM – Program Studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik UIN Alauddin tingkatkan pemahaman mahasiswa di bidang tata kelola Pemilu dengan melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Kamis (09/06/2022).

Kegiatan itu di inisiasi oleh Dosen Pengampu Mata kuliah (Matkul) tata kelola Pemilu yaitu Reskiyanti Nur MA dan Febriyanto Syam M Ip. Kunjungan ini melibatkan Mahasiswa semester empat dan dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama berkunjung pada Kamis (02/06) lalu, kemudian gelombang ke dua dilakukan hari ini.

Dosen pengampu mata kuliah tata kelola Pemilu, Reskiyanti Nur MA mengatakan, kunjungan ke KPU merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Prodi Ilmu politik sejak tahun 2015, khususnya Mata kuliah (Matkul) tata kelola pemilu.

“Setiap mata kuliah di politik disarankan untuk ada kunjungannya jika memungkinkan itu sejak tahun 2015, khusus untuk Matkul tata kelola Pemilu, jelas sekali berkaitan dengan lembaga KPU dan Bawaslu,” katanya.

Lebih lanjut, Alumnus Jurusan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) itu mengatakan, urgensi kegiatan ini bagi mahasiswa, yaitu dapat mengetahui tata kelola Pemilu secara teknis dan tidak hanya mengetahui teorinya saja.

“Mahasiswa bisa memahami manajemen Pemilu secara langsung dari praktisi (KPU) dan aktivitas KPU ketika masuk tahapan pemilu/pemilihan serentak ataupun tidak ada pemilihan,” terangnya.

Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan itu, Amran mengatakan banyak ilmu kepemiluan yang ia peroleh, mulai dari tahapan Pemilu metode perhitungan suara dan bagaimana suara bisa dikonversikan menjadi kursi.

“Saya dapat mengetahui tahapan pemilu, mulai dari pendataan pemilih/daerah pemilihan masuk kampanye hingga logistik, sampai kepada pemungutan dan perhitungan suara sampai kepada penetapan,” pungkasnya.

 

Penulis : A. Muh. Rifky Nugraha

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *