Connect with us

Kolom

Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik

Published

on

Cyberbullying
Spread the love

Kita semua tau Cyberbullying atau disebut juga perundungan siber adalah kasus bully atau bullying yang terjadi didunia maya.

Perihal ini pada umumnya sangat banyak terjadi dan dianggap lumrah oleh kebanyakan orang.

Hal inilah yang menjadi dampak cyberbullying tidak segera hilang dari dunia maya di Indonesia. Padahal kan dampaknya begitu banyak bagi orang yang menjadi korban cyberbullying apalagi yang masih duduk di bangku sekolah

Kerap kali saya menjumpai ocehan-ocehan netizen baik itu di instagram, Facebook, terlebih lagi di twitter. Mereka kerap kali menyindir dengan kata yang terbilang cukup dewasa padahal umur mereka masih begitu belia. Mereka kebanyakan menyindir teman mereka perihal masalah pribadi mereka.

Mereka sejatinya sadar dan secara harfiah sengaja melakukan tindakan cyberbullying untuk saling mengintimidasi satu sama lainnya.

Fenomena ini sejatinya bukanlah hal yang baru di Indonesia. Fenomena ini sudah muncul sejak beberapa tahun sebelumnya.

Dan kerap kali hal ini memicu ketidakpercayaan seseorang dalam menempuh pendidikan mereka. Sekali lagi, Anak merasa terintimidasi oleh ocehan-ocehan teman mereka sendiri disosial media atau anak zaman sekarang lebih menyebutnya dengan sebutan “Kena Mental”.

Itu hanya sebahagian kecil pengaruh akibat cyberbullying terhadap peserta didik.sejatinya ada beberapa pengaruh yang dapat menyerang korban cyberbullying terhadap cara mereka belajar. Jika ingin disebutkan saya lebih baik menyebutkan dampak yang akan mempengaruhi kreativitas dalam berpikir mereka.

Selain merasa terintimidasi, korban cyberbullying juga akan merasa risih dengan kata-kata orang yang membully mereka.Hal ini dapat berdampak pada pola berpikir mereka.

Pola berpikir mereka akan cenderung mengarah ke arah yang negatif.

Dampaknya mereka bisa saja menjadi orang yang tidak percaya diri akan kemampuan mereka dan cenderung sulit mengembangkan bakat yang mereka miliki.

Jadi secara garis besar bullying yang dianggap lumrah oleh sebagian orang ternyata memiliki dampak yang begitu signifikan terhadap kemampuan belajar peserta didik.

Jadi pesan saya melalui opini ini tertuju pada orang tua diseluruh pelosok negeri ini.

Mari sama-sama kita menjaga atau meminimalisir terjadinya cyberbullying dengan cara mengawasi penggunaan gadget pada anak. Karena sejatinya dampak Cyberbullying terhadap anak-anak kita begitu buas.

Oleh: Muh Rafli Ramli
Universitas Negeri Makassar
[email protected]

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *