Connect with us

Peristiwa

Kepala Perpusnas RI Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Tana Toraja

Published

on

Spread the love

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M di dampingi Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, SE dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H, dan meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Tana Toraja, di Makale, Senin (30/5/2022).

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Drs. Deni Kurniadi M.Hum, Pustakawan Utama Perpusnas RI Drs. Dedi  Junaedi, M.Si,  para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Perpusnas RI, , Forkopinda Kabupaten Tana Toraja beserta sejumlah undangan lainnya.

Kepala Perpusnas Syarif Bando dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional diberi kepercayaan untuk mendistribusikan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Perpustakaan dengan tujuan utama mempersiapkan infrastruktur  pelayanan dasar bagi masyarakat.

“Jadi Perpustakaan itu adalah infrastruktur pelayanan dasar masyarakat, itu sebabnya kami betul-betul menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Bapak Bupati bersama seluruh jajaran dan kita semua yang hadir, karena tampa tugas dan peran kita untuk mendorong masyarakat berbondong-bondong datang ke tempat ini, masyarakat tidak akan pernah tahu bahwa ada infrastruktur pelayanan dasar yang di sana kita bisa mendapatkan apa saja yang kita belum tahu,” paparnya.

“Sehingga perpustakaan ini merupakan salah satu instrumen percepatan dari pelaksanaan dan terwujudnya pembangunan daerah. Tentu kita semua bangga bahwa di tengah kota ini ada satu bangunan monumental yang legacynya diletakkan oleh Bapak Bupati Pak Theofilus di era pemerintahannya,” imbuhnya.

Tujuan utama dari pembangunan gedung ini menurut Syarif Bando adalah mempercepat pencapaian agenda nasional, sebagaimana diatur dalam RPJMN 2020-2024 visi Bapak Presiden adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Manfaat gedung ini hanya bisa kelihatan kalau kita semua punya komitmen untuk mendorong masyarakat ke sini. Kita berharap hadirnya perpustakaan ini menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat, mulai dari orang-orang terdidik dan masyarakat karena ketidak mampuan tidak bisa lagi ikut di dalam pendidikan formal. Jadi jadikanlah perpustakaan ini menjadi tempat belajar untuk kita semua apa saja bisa dilakukan di sini, bedah buku, pelatihan beternak, pelatihan kreasi, dan berbagai pelatihan lainnya, ” harapnya.

Sementara itu, Kepala DPK Sulsel Hasan Sijaya dalam sambutannya pada rangkaian acara peresmian Gedung Layanan Perpustakaan ini,  atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI atas segala perhatiannya sehingga Gedung Layanan Perpustakaan yang representatif hadir di Tana Toraja.

“Perhatian Perpustakaan Nasional dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini terhadap provinsi Sulawesi Selatan cukup besar. Insya Allah di akhir tahun ini akan hadir Gedung Layanan Perpustakaan seperti ini akan hadir di 10 kabupaten kota yang ada, belum lagi yang lain-lain,” ucapnya.

“Ini bentuk perhatian Perpusnas terhadap Provinsi Sulawesi Selatan. Sekaligus kami juga  melaporkan bahwa apa yang Bapak berikan, apa yang Bapak Kepala Perpusnas jadikan program unggulan terkait dengan kemajuan gerakan literasi ini, kami sudah jabarkan juga. Replikasi Perpustakaan Desa menjadi program unggulan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, demikian juga dengan Pocadi, bahkan di awal tahun 2021 Gerakan Literasi Digital itu kita sudah canangkan dengan menghadirkan Duta Litersi Digital Provinsi Sulawesi Selatan,” imbuhya.

Usai meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan, Kepala Perpusnas selanjutnya mengukuhan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Toraja Dr. Erni Yetti Riman, SKM, M.Kes sebagai Bunda Literasi Tana Toraja.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Tammuan Mali, dilanjutkan dengan  kegiatan Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Kesejahteraan yang menghadirkan narasumber, Kepala Perpusnas RI yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi , Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Anggota Komisi X DPR RI Mitra Fakhruddin MB, S.P, Bunda Literasi Tana Toraja Erni Yetti Riman, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tana Toraja Dr. Kristian HP Lambe, S.T, M.M, M.Si  dan Rektor UKI Toraja Dr. Octvianus Pasoloran S.E, M.Si, Ak.,CA.

Rangkaian kegiatan peresmian Gedung Layanan Perpustakaan ini diakhiri dengan Pencanangan Gerakan Sejuta Buku di Kabupaten Tana Toraja. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *