Connect with us

Peristiwa

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Resmikan Perpustakaan Lorong dan Perpustakaan Hibrida Al-Insyirah Makassar

Published

on

Spread the love

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H meresmikan pemanfaatan Perpustakaan Lorong Al- Insyirah dan Perpustakaan Hibrida (Digital dan Konvensional) Sekolah Islam Terpadu Al-Insyirah yang beralamat di Jl. Paccerakkang No. 157 E Kelurahan Biringkanaya Makassar, Sabtu (27/11/2021).

Pada kesempatan itu Hasan Sijaya di dampingi Tokoh Literasi Sulawesi Selatan Bachtair Adnan Kusuma, S.Sos., M.M, Direktur Yayasan Pendidikan Al-Insyirah Makassar Drs. Junaidi, M.Pd, Bagian SDM Yayasan Pendidikan Al-Insyirah Udstadz Rahim Mayau, S.Ag, Ketua Tim Literasi Al-Insyirah H. Firmansyah Abdullah HAR, ST, dan beberapa orang Pustakawan DPK Sulsel Klaster Caradde na Macca.

Dalam sambutannya se saat sebelum meresmikan Perpustakaan Lorong dan Perpustakaan Hibrida ini, Kadis Hasan Sijaya menyampaikan salam hormat dari Gubernur Sulawesi Selatan Bapak Andi Sudirman Sulaiman selaku pimpinan kita, selaku orang yang terus mendorong majunya gerakan literasi kita, menciptakan anak-anak generasi yang mempunyai pemahaman agama yang kuat demi menyongsong masa depan mereka.

“Saya senang hadir di tempat ini, apalagi kegiatan ini berkaitan dengan mendorong minat baca masyarakat, khususnya dalam gerakan memajukan ajaran agama kita. Saya paling senang itu. Karena sepintar apapun kita, secerdas apaun kita, sehebat apapun kita, kalau tidak ditopang dengan ajaran agama yang kuat, ahlak yang bagus, saya yakin kita berjalan tidak akan pernah mulus, miring dan yang bisa meluruskan itu dasar agama yang kuat. Dan sumbangsi Yayasan Al-Insyirah ini sudah melakukannya sejak tahun 90-an, dan muridnya sekarang ini sudah 600-san, ini luar biasa,” ujarnya.

Kadis Hasan Sijaya mengapresiasi kehadiran Perpustakaan Lorong dan Perpustakaan Hibrida Al-Insyirah ini, dan berharap perpustakaan ini dapat lebih mendong peningkatan gerakan literasi di lingkungan Yayasan Pendidikan Al-Insyirah, baik para guru, maupun para muridnya. Untuk itu Hasan Sijaya memberikan bantuan dan Rp. 10.000.000 untuk kegiatan operasional dan pengembangan perpustakaan ini.

Ia juga mengapresiasi kegiatan Lomba Menulis untuk para guru yang dilaksanakan oleh yayasan, melalui Tim Literasi Al-Insyirah. Menurutnya wajib hukumnya seorang guru untuk rajin membaca, selain untuk menambah wawasan dan pengetahuannya, juga untuk bekal dalam menulis, terutama menulis buku yang menjadi salah satu program dari Yayasan Al-Insyirah.

Bahkan Kadis Hasan Sijaya menawarkan kepada guru-guru di Sekolan Islam Terpadu (SIT) Al-Insyirah jika ada bukunya yang mau dibedah. DPK Sulsel siap untuk membedahnya, dengan biaya seluruhnya ditanggung oleh DPK Sulsel. Ia juga mengajak pengurus yayasan, para guru dan murid untuk datang berkunjung ke Layanan Perpustakaan Umum DPK Sulsel maupun di Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak yang kini menjadi Role Model di Indonesia.

“Ruang layanan perpustakaan kita cukup modern, saya terus mencoba melakukan pembangunan, pembenahan secara fisik maupun Sumber Daya manusianya. Ruang Layanan perpustakaan kita buat secantik munkin, seasri mungkin, senikmat mungkin. Sehingga pengunjungnya betah dan senang untuk datang ke perpustakaan, apalagi kita buka jam 8 sampai jam 10 malam, Sabtu juga tetap kita buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore,” jelasnya.

Sebelumnya, Tokoh Literasi Sulsel Penerima Nugra Jasadharma Pustaloka Penghargaan Tertinggi dari Perpustakaan Nasional RI tahun 2021 Bachtiar Adnan Kusuma yang akrab disapa BAK, juga memberikan motivasi, membakar semangat dan berbagi tips bagi para guru untuk menulis buku, sebagai bagian dari upaya mendukung gerakan literasi di Sulawesi Selatan.

Direktur Yayasan Pendidikan Al-Insyirah Makassar Junaidi, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang telah berkenan meresmikan penggunaan Perpustakaan Lorong Al-Insyirah, Perpustakaan Hibrida SIT Al-Insyirah, menyerahkan hadiah kepada para Guru Pemenang Lomba Menulis, yang dilaksanakan dalam rangka Hari Guru tahun 2021

Ia juga berterima kasih atas bantuan dana yang diberikan untuk perpustakaan, sembari berharap berharap ke depan DPK Sulsel terus memberikan bimbingan, bantuan dan pembinaan kepada perpustakaan yang ada di lingkungan Yayasan Pendidikan Al-Insyirah ini. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *