Connect with us

Peristiwa

DPK Sulsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Sebagai Rangkaian Kegiatan Gempur Pustaka di Tana Toraja

Published

on

Spread the love

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, SH, MH membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, Kamis (11/11/2021). Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, SE.

Dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Kearsipan yang diikuti peserta pera pengelola kearsipan OPD lingkup Kabupaten Tana Toraja ini, Bupati Theofilus mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan merupakan dukungan kongkrit dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi untuk meningkatkan dan lebih mengakselerasikan pengelolaan perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Tanah Toraja.

Mengapa kegiatan ini ditempatkan di Tana Toraja menurut Bupati, tentu karena ada dukungan, ada keinginan untuk menempatkan pengelolaan kearsipan dan perpustakaan di Tana Toraja ini lebih baik. Dan ini bukan hanya menjadi harapan bupati tetapi juga menjadi harapan dunia.

Ditegaskan oleh Bupati, Toraja ini merupakan salah satu situs budaya yang tertua, memiliki nilai-nilai sejarah baik budaya maupun peradaban-peradaban kemanusiaan yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Terkelolanya arsip ini dan tersedianya bahan-bahan pustaka yang baik, sekaligus akan menjadi salah satu destinasi wisata bagi Tana Toraja.

Sementara itu, dalam sambutannya se saat sebelum membuka acara Sosialisasi Kearsipan ini, Kadis Hasan Sijaya menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini  merupakan bagian dari Kegiatan Gempur Pustaka yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara

Kegiatan Gempur Pustaka ini, menurutnya, sengaja diawali dari Tana Toraja dan Toraja Utara, dan ini menjadi kegiatan pertama dilaksanakan di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan ini kegiatan menjadi role model buat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Seluruh Indonesia.

Sentuhan yang telah dilakukan dalam bentuk koordinasi kepada pemerintah daerah khususnya di Tana Toraja, antara lain dalam bidang kearsipan adalah membangun mindset tata kelola kearsipan kita khususnya yang ada di OPD.

“Ada tagline kami, Saya selalu katakan seperti ini. Kalau kau tidak mau berhadapan dengan hukum, jaga arsipmu. Kalau kau tidak mau kehilangan budayamu, Jaga arsipmu. Tana Toraja ini menjadi tanah leluhur kita, tanah yang penuh budaya, kekayaan hartanyapun terlahir dan dikenal bukan hanya di Indonesia tapi duniapun mengenalnya. Budaya ini bisa bertahan ketika kearsipannya bisa terjaga dengan baik,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kadis DPK Sulsel mengingatkan kepada para pengelola kearsipan khususnya yang ada di setiap OPD di Tana Toraja,  untuk menjaga arsipnya pada masing-masing tugas dan tanggung jawabnya.

“Dimanaj di mana, dimanaj di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Begitu juga yang saya lakukan di provinsi. Saya sampai katakan, kalau setiap OPD mau aman, mau terjaga, abadi arsipnya, simpan arsipmu di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi. Saya jamin itu, karena depot kita ini sudah menjadi depot percontohan di seluruh Indonesia Timur, lemarinya spesifik, ruangannya terukur, suhunya diatur. Saya berharap juga Tana Toraja harus seperti itu,” paparnya.

Sedangkan untuk Bidang Perpustakaan, menurut Kadis Hasan Sijaya. Sentuhan yang telah diberikan dalam bentuk fisik, sebentar lagi para pemustaka dan masyarakat Tana Toraja akan menikmati satu layanan perpustakaan baru yang ada di Tana Toraja.

“Tahun ini secara fisik Insya Allah akan selesai terbangun, dan kami dari provinsi tidak akan pernah berhenti memberikan perhatian , oleh karena itu kita coba bersama Kadis DPK Tana Toraja untuk memanaj isiannya, kita coba manaj profertinya sehingga akan tercipta satu layanan perpustakaan yang modern di Tana Toraja.

Usai menghadiri acara Sosialisasi ini, Bupati Toraja Thefilus Allorerung bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Hasan Sijaya dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja Nirus Nikolas Sakke P, S.Sos, M.Si melakukan peninjauan ke bangunan Gedung baru Layanan Perpustakaan Tana Toraja yang sudah hampir rampung. Bagunan gedung berlantai tiga ini tampak megah, dengan penataan ruang yang cukup bagus.

Selanjutnya, Kadis DPK Provinsi bersama Kadis DPK Tana Toraja melakukan peninjauan di Pojok Baca Digital bantuan dari Perpusnas RI yang ditempatkan di Terminal Makale, Kabupaten Tana Toraja. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *