Connect with us

Peristiwa

Perpustakaan Cerdas Desaku Desa Usa Kabupaten Bone Wakili Sulsel Ikuti Penilaian Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021

Published

on

Spread the love

Setelah ditetapkan menjadi Juara I Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Perpustakaan Cerdas Desaku Desa Usa, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan  tingkat Nasional tahun 2021.

Penilaian Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI, pekan ini memasuki tahap penilaian kunjungan lapangan.  Pada hari ini Kamis (26/8/2021) Tim Juri Nasional melakukan penilaian lapangan secara virtual di Perpustakaan Desa Usa yang merupakan salah satu perpustakaan penerima manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2019 di Sulawesi Selatan.

Hadir dalam penilaian tersebut, Tim Pembinaan Perpustakasn Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin Nilma, S.Sos., MM bersama Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos., MA, Kepala DPK Kabupaten Bone Andi Mappanggara, Camat, Kapolsek, Danramil, dan Kepala Desa Usa.

Kegiatan penilaian ini diawali dengan Sambutan dari Kepala DPK Bone, dilanjutkan dengan visit tour melalui zoom meeting melihat langsung kondisi perpustakaan yang ada. Setelah itu, presentasi terkait dengan keberadaan dan kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan Desa Usa oleh Kepala Perpustakaan Cerdas Desaku Desa Usa M. Nur Rahmat Achdar H T, S.IP, yang dilanjutkan dengan tanya jawab dari 7 orang tim juri yang dipimpin ketuanya Drs. Dedi Junaedi, M.Si

Kadis DPK Bone dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bone memiliki perhatian yang cukup besar terhadap pengembangan perpustakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya regulasi Peraturan Bupati Bone Nomor 2 Tahun 2019 tentang Penggunaan Dana Desa, yang di dalamnya antara lain mengamanahkan agar penggunaan dana desa sebagian dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan pengembangan perpustakaan desa, pembelian buku dan untuk insentif pengelola perpustakaan desa.

“Dengan dukungan dan kebijakan pemerintah tersebut diharapkan perpustakaan desa yang ada di Bone bisa lebih maju dan berkembang lagi, seperti yang terlihat di Perpustakaan Desa Usa,” jelasnya.

Dukungan dan komitmen dari Kepala Dsa Usa Drs. K.M Rabang juga cukup besar dalam mengembangkan perpustakaan desanya. Terbukti, pada tahun 2020 Kades Usa yang mendapat dukungan dari masyarakat, membangun sebuah gedung perpustakaan desa yang modern dan refresentatif berukuran 11 x 7 meter dua lantai dengan anggaran 329,5 juta rupiah.

Kadis DPK Bone berharap, dengan masuknya Perpustakaan Desa Usa ini ke Penilaian Lomba di tingkat Nasional bisa memotivasi desa lain untuk ikut mengambangkan perpustakaan desanya.

“Semoga Perpustakan Cerdas Desaku ini bisa membawa nama harum Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Bone khususnya, serta menjadikan Bone Bercahaya (Belajar dan membaca sepanjang hayat) menuju Bone Mabessa (Mandiri, Berdaya saing dan Sejahtera),” kuncinya. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *