Connect with us

Peristiwa

Seminar Program Kerja Mahasiswa KKN UINAM di Desa Kayuloe Barat masukkan proker penyuluhan stunting dan PHBS

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.com – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Posko 4 angkatan ke-75 Uin Alauddin Makassar mengadakan seminar program kerja di Desa Kayuloe Barat, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Rabu (07/08/2024)

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Sekretaris Desa Kayuloe Barat, Anggota BPD, kepala posyandu, ibu pustu, ketua PAUD, para kepala dusun Desa Kayuloe Barat, kkn Unhas dan UNM dan juga masyarakat Desa Kayuloe Barat.

Sekretaris desa bapak Ruslan S.Pd.I yang mengatakan bahwa semua yang berkkn di desa tersebut saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain.

“Ada beberapa Mahasiswa KKN yang ada di Desa Kayuloe Barat ada UNHAS dan UNM dan yang seminar hari ini dari UIN. Jadi jangan ada merasa bahwa kampus saya yang paling hebat dari pada kampus yang lain kalian harus saling melengkapi satu sama lain” ujarnya.

Anggota BPD Bapak Sainuddin, S.Pd. Gr juga mengatakan bahwa di kabupaten jeneponto masih mengedepankan saling menghormati dan saling menghargai.

“Di Desa Kami atau di Jeneponto ini masih mengedepankan yang namanya sihargai, sipakatau yang artinya dalam bahasa indonesia itu saling menghargai, saling menghormati dan saling memuliakan. Jadi saya harapkan adik-adik yang sedang berkkn mari kita hargai adab dan istiadat yang ada di Desa Kayuloe Barat ini” katanya.

Adapun program kerja yang di seminarkan oleh posko 4 Desa Kayuloe Barat yaitu program harian, program mingguan, program bulanan dan juga program ungggulan.

Program harian:
-Mengajar di sekolah SDN 6 Turatea dari hari senin hingga jumat.
-Mengajar TPA yang ada di Desa Kayuloe Barat, mengajar TPA hanya di dua dusun yang ada di Desa Kayuloe Barat yakni TPA dusun Batu Tarang dan dusun Pa’bentengan.

Program mingguan:
-Khutbah Jum’at.
-Membersihkan masjid, setiap minggu ada dua masjid yang dibersihkan.

Program bulanan:
-Majelis Ta’lim, yaitu bergabung dengan ibu-ibu untuk mengaji bersama setiap tanggal 21 agustus.
-Program penyuluhan stunting/PHBS (Perilaku Hidup Bersaih dan Sehat) yang targetnya untuk ibu hamil dan semua kalangan masyarakat.

Program unggulan:
-Festival Anak Soleh.
-Data umum.

Ketua pustu sangat mengapresiasikan terkain program penyuluhan stunting dan PHBS.

“Alhamdullah ada program kesehatan yang diambil, saya sangat mengapresiasikan terkait dengan penyuluhan stunting dan PHBS ini” Ujarnya.

Citizen Reporter: Reza Marham

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan