25 Peserta Siap Bersaing Menjadi Duta Baca Sulawesi Selatan Tahun 2018

Warnasulsel.com – Masalah krusial yag sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah melawan rendahnya minat baca masyarakat. Berbagai upaya pun coba dilakukan oleh berbagai pihak.

Oleh sebab itu, peningkatan minat baca dan pembudayaan kegemaran membaca melalui berbagai kegiatan salah satunya dengan cara “Kampanye gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca” kini sedang aktif digaungkan pemerintah.

Melalui seseorang yang mampu menjadi figure atau role model dalam kebiasaan membaca diharapkan mampu menginspirasi masyarakat dalam pembudayaan gemar membaca.

Karena alasan tersebut, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Pemilihan Duta Baca daerah tahun 2018. Pendaftaran kegiatan ini sudah dimulai sejak 23 Juli 2018 lalu hingga 13 Agustus 2018. Maka untuk saat ini, didapatlah sebanyak 25 peserta yang akan bersaing.

warnasulsel.com

Pemilihan Duta Baca Daerah Sulawesi Selatan 2018 | Foto : warnasulsel.com

Terkait pendaftaran pemilihan duta baca daerah provinsi sulawesi selatan ini, pihak penyelenggara telah mengumumkan melalui lembaran brosur yang tersedia di gedung ex-multimedia perpustakaan sulawesi selatan.

Amriana, salah satu penitia acara ini mengatakan bahwa terkait pemilihan duta baca daerah ini, panitia menginginkan peserta yang terpilih nantinya bisa menjadi role model, membawa teladan untuk mengampanyekan kegemaran membaca.

“Jadi, kami butuh role model, untuk yang senang membaca,” ujar Amriana, salah seorang panitia, ketika dihubungi oleh warnasulsel.com baru-baru ini.

Menurut panitia, setelah pengumpulan formulir, peserta yang mendaftar akan mengikuti seleksi tertulis yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus 2018 di ruang ex-multimedia, Jalan Sultan Alauddin (Depan Universitas Muhammadiyah) Makassar.

“Iya, nanti tanggal 18 jam 9 pagi tes tulis untuk calon duta baca,” katanya melalui WhatsApp.

Adapun yang lolos seleksi, maka akan dipilih 3 orang untuk mengikuti audiensi. Dan terakhir, adalah penentuan juara satu, sebagai duta baca daerah Sulawesi Selatan.

Sebagai tambahan, lomba sejenis ini juga sementara dilakukan oleh provinsi lain se Indonesia. Kabarnya, satu orang yang mewakili tiap provinsi akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti pertemuan seluruh duta baca se Indonesia. Najwa Shihab, duta baca Indonesia siap menyambut mereka. [MgP]

Leave a Reply