Legenda Sepak Bola Ramang dan Tim GASKA FC di BIRBAL CUP III

Warnasulsel.com – Sebuah olahraga akan selalu mempertemukan banyak orang. Selain menyehatkan, olahraga juga melatih kekompakan dan kerjasama.

Terutama dalam olahraga sepak bola.

Sepak bola mulai diminati sejak dulu. Bahkan Indonesia sendiri pernah memiliki jagoan dalam pertandingan ini yang berasal dari Makassar pada 1950-an.

Namanya Ramang. Ramang menjadi legenda tersendiri buat daerah Ujung Pandang, sebutan Makassar dahulu kala.

Dikutip dari laman wikipedia.com, Ramang mulai memperkuat Makassar Voetbal Bond (MVB) yang hari ini dikenal sebagai PSM Makassar.

Legenda Sepak Bola Makassar, Andi Ramang | Sumber : Footbal-Tribe.com

Melalui sebuah klub bernama Persatuan sepak bola Induk Sulawesi atau PERSIS, Ramang mengikuti kompetisi PSM.

Pada sebuah pertandingan, ia mencetak sebagian besar gol sehingga membuat MVB menang 9-0. Sejak itulah ia dilamar bergabung dengan Persatuan Sepak bola Makassar (PSM).

Di awal karirnya, Ramang dikenal sudah sering berlatih menendang-nendang buah jeruk, gulungan kain dan bola anyaman rotan di permainan sepak raga ketika usianya masih menginjak 10 tahun.

Bapaknya, Nyo’lo, ajudan Raja Gowa Djondjong Karaenta Lembangparang, sudah lama dikenal jago dalam sepak raga. Bakat Ramang akhirnya menurun dari sang bapak.

Awal mulanya Ramang memperkuat Bond Barru kota kelahirannya, namun menjelang tahun 1945, ia membawa keluarganya pindah ke Ujung Pandang dan meninggalkan usaha warung kopi yang ia bangun bersama dengan istrinya.

Sejak saat itulah Andi Ramang menjuarai Asian Football Qatar (AFQ), yang mana Qatar menjadi tuan rumah pada tahun 1971. Setelah itu, Ramang berhasil menjuarai beberapa kejuaraan bergengsi. Namanya pun kian melejit se antero negeri.

Olahraga sepak bola hingga sekarang tumbuh makin pesat. Para Ramang baru mulai bermunculan. Tiap daerah, selalu memiliki jagoannya masing masing. Hingga hari ini, tiap wilayah memiliki sebuah klub sepak bola, yang dimainkan mulai dari anak anak hingga dewasa.

Beberapa pertandingan pun kerap digelar. Sehingga wajar saja jika olahraga ini memiliki peminat terbesar di antara beberapa cabang olahraga lainnya.

GASKA FC, sebuah klub bola yang berasal dari Kallongtala’, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, salah satu tim yang sudah terbentuk beberapa tahun silam.

Hari ini, tim yang bernama lengkap Gabungan Sepak Bola Kallongtala Footbal Club yang disingkat jadi Gaska FC itu juga memiliki tim junior yang acapkali mengikuti pertandingan.

BIRBAL CUP III, sebuah pertandingan umum digelar di lapangan Biringbalang, Kelurahan Batangkaluku, Gowa, sejak Rabu 19/9/2018 lalu, mempertemukan beberapa klub sepak bola junior yang salah satu syaratnya adalah tinggi maksimal pemain 145 cm.

Tim Gaska FC Junior | Foto: Warnasulsel.com

Tim Gaska FC terdiri dari 8 orang. Masing masing dari mereka antara lain, Ippang, Hasrul, TeBe, Khairil, Sesar, Sofyan, Arsy dan Muhlis.

Gaska FC telah melalui satu pertandingan pada Kamis, 20/9/2018 dan berhasil mengantongi kemenangan 4-3 melawan PDB (Pa’dendeang).

“Yang penting mainji,” kata Ippang, kapten Gaska FC Junior kepada wartawan Warnasulsel, Jumat 21/9/2018 malam.

“Kami juga cari pengalaman,” katanya lagi.

“Menang juga solidaritas,” cetus Arsy menambahkan. [MgP]

Editor @warnasulselcom

Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih mendalam

Recent Posts

  • Daerah
  • Peristiwa

FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

  WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

  WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

    WARNASULSEL.com - Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul…

3 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

      WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

1 week ago
  • Peristiwa

Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

    WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

1 week ago
  • Cawah
  • Uncategorized

Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

2 weeks ago