Festival Aksara Lontaraq Bertaraf Internasional Digelar di Dinas Perpustakasn dan Kearsipan Sulsel 27-29 Agustus 2020

WARNASULSEL.com – Perhelatan Akbar Festival Aksara Lontaraq yang terlaksana atas kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan dengan Kabar Grup Indonesia (KGI) dengan melibatkan Seniman, Budayawan, Penulis dan Penggiat Literasi akan digelar Kamis – Sabtu (27-29/08/2020).

Berbagai persiapan terkait dengan pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional tersebut dibahas dalam rapat yang dipimpin Ketua Panitia Upi Asmaradhana, Senin (24/08/2020). Rapat tersebut dihadiri Kadis DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, Sekdis Widyawati, Kabid Perpustakaan Nilma, Budayawan Yudisthira Sukatanya, Penulis Buku dan Penggiat Literasi Rusdin Tompo dan Idwar Anwar, serta sejumlah pejabat eselon IV dan pustakawan yang terlibat dalam kepanitiaan dan panitia dari KGI.

Rangkaian acara puncak Festival Aksara Lontaraq ini akan diawali dengan kegiatan pameran naskah-naskah lontaraq dari berbagai daerah di Sulsel, pameran buku-buku budaya lokal dan kearifan lokal serta pameran karya-karya budaya dari sejumlah seniman di Sulsel.

Opening ceremony kegiatan Pameran yang berlangsung di halaman depan Kantor DPK Sulsel jl. Sultan Alauddin Tala’Salapang Makassar ini, dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Ketua DPRD prov. Sulsel A. Ina Kartika Sari dan akan dihadiri sejumlah pejabat, tokoh, seniman, budayawan, penulis dan penggiat literasi di Sulawesi Selatan, pada pukul 09.00 WITA pagi, Kamis (27/08/2020).

Kegiatan pameran yang akan berlangsung selama dua hari ini juga akan dimeriahkan dengan pementasan dan pagelaran seni budaya antara lain pembacaan puisi bernuansa lontaraq, pementasan lagu dan tarian lokal, stand up comedy dengan tema lokal serta kegiatan seni lukis dari pelukis kenamaan Sulsel.

Pada sore harinya, pukul 16.00 WITA akan dilaksanakan kegiatan Fashion Show Batik Lontaraq dan Pakaian Adat 4 Etnis bersama Dekranasda Sulsel, yang akan dihadiri langsung Ketua Dekranasda Sulsel Hj. Lies F. Nurdin bersama sejumlah pengurus Dekranasda lainnya.

Keesokan harinya Jum’at (28/08/2020) pukul 09.00 – 10.00 WITA akan dilaksanakan Opening Ceremony Seminar dan Konferensi International Aksara Lontaraq oleh Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah, dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh. Syarif Bando, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof. K.H. Nasaruddin Umar dan sejumlah tamu undangan lainnya. Pada pukul 10.00 WITA sampai selesai akan dilaksanakan Seminar dan Konferensi Internasional Aksara Lontara secara daring dengan menghadirkan 12 orang pembicara, 7 orang diantaranya adalah pembicara mancanegara dari 5 benua. Dengan target peserta minimal 1.000 orang.

Sebagai rangkaian akhir Festival Aksara Lontaraq tahun 2020 ini akan dilaksanakan Apresiasi dan Penyerahan Anugrah Kebudayaan Kabar Makassar Award 2020, kepada sejumlah tokoh yang telah berjasa dalam memajukan kebudayaan di Sulsel termasuk kepada dua orang bupati di Sulsel, pada Sabtu (29/08/2020) pukul 15.30 WITA sampai selesai.

Berbagai persiapan fisik di lapangan termasuk pemasangan panggung dan tenda untuk kegiatan pameran sudah dimulai Senin hari ini. * (naz)

Leave a Reply