Connect with us

Peristiwa

Hadapi Tantangan Dunia Kerja di Era Digital, Begini Tips Andrinof A. Chaniago

Published

on

Spread the love

Caption Foto : Penyerahan Cinderamata Oleh Ketua Jurusan Ilmu Politik, Dr. Awal Muqsith Kepada Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri Tbk, Andrinof A. Chaniago, Dalam Seminar Nasional Ekonomi Politik, Berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin, Senin (20/11/2023).

WARNASULSEL.COM – Hadapi tantangan dunia kerja di era digital, Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri Tbk memberi tips kepada mahasiswa, agar mempersiapkan skill, kemampuan inovasi dan kreativitas untuk masuk dalam dunia kerja.

Pertama, mahasiswa harus menyiapkan skill, salah satunya penguasaan teknologi. Kedua mahasiswa harus membangun karakter, etos kerja, disiplin, integritas, dan kemampuan membangun relasi. Hal itu yang dapat membawa individu sebagai sarjana yang bisa menghadapi tantangan di era digital dan era bonus demografi.

Hal itu disampaikan dalam seminar nasional ekonomi politik yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin, yang bertajuk “Ekonomi politik di era digital : Sinergi generasi millenial sektor perbankan, dan potensi halal centre sebagai pusat inovasi dan pertumbuhan UMKM berkelanjutan di Indonesia.” Berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin, Senin (20/11/2023).

Saat membawakan materi, Dosen Prodi Ilmu Politik Universitas Indonesia itu mengatakan,
Dunia kerja di era digital tidak cukup IPK yang dan nilai raport yang tinggi.

“Tapi, perlu ditunjukkan dengan mentalitas yang tinggi, perlihatkan semangat kerja yang baik, kemampuan membangun relasi, jaringan dan memiliki kreativitas yang baik. Ini adalah cara untuk membangun pasar dan memulai pekerjaan,” katanya.

Lebih lanjut, Mantan Menteri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional itu, mengungkapkan, pelaku usaha kecil harus mendidik diri atau dididik untuk melek dalam menggunakan teknologi digital.

“Ga perlu pakai perantara, kalau kita kreatif kita bisa transaksi langsung dengan konsumen/pembeli. Kalau pelaku usaha mampu menguasai teknologi digital. Mulai dari data base pasar, data base produksi, data base harga dan data base produk mana yang menjadi selera konsumen,” pungkasnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *