Connect with us

Kampus

Bersama Muh Galang Pratama, Jurusan Ilmu Perpustakaan UINAM Gelar Kuliah Praktisi Manajemen Penerbitan Buku

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.com – Jurusan Ilmu Perpustakaan menggelar kuliah praktisi sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama dengan Penerbit CV Jariah Publishing Intermedia.

Kegiatan ini digelar di LT Lantai 1 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, Jl HM Yasin Limpo Samata Gowa, Senin (10/07/2023).

Hadir di kegiatan ini yakni Direktur Utama CV Jariah Publishing, Muh Galang Pratama dan Dosen Pengampu Mata Kuliah Grafika dan Penerbitan Jurusan Ilmu Perpustakaan, Nasrullah, S.IP, M.IP yang bertindak sebagai moderator.

Nasrullah, Dosen yang juga penulis ini mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini untuk membekali mahasiswa informasi tentang proses produksi buku mulai dari cara menggali ide, penerbitan. pra cetak hingga buku berhasil terbit.

“Tujuan kegiatan Kuliah Praktisi ini untuk memberikan informasi terkait proses penerbitan buku mulai dari naskah hingga cetak kepada mahasiwa yang mengambil mata kuliah “Grafika dan Penerbitan” dengan menghadirkan Penerbit,” ujar Nasrullah.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jurusan Ilmu Perpustakaan, Touku Umar, S.IP, M.IP mengapresiasi kegiatan Kuliah Praktisi ini. Sebab bukan hanya mahasiswa tapi dosen juga bisa bekerjasama dalam penerbitan buku.

“Kami berharap juga dengan kegiatan ini mahasiswa tidak hanya mengetahui secara teori namun akan ada output yang dihasilkan seperti menghasilkan karya buku,” paparnya.

Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan semester IV angkatan 2021 yang mengambil mata kuliah Grafika dan Penerbitan.

Pada kesempatan tersebut peserta yang berjumlah 100an terdiri dari tiga kelas ini siap menerbitkan buku angkatan yang akan direncanakan launching pada September tahun ini.

Suasana pelatihan sangat meriah, hal ini terlihat dari antusias mahasiswa menghidupi diskusi dengan banyak memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Raihan Taufiq, salah satu peserta mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut karena menambah ilmu proses pembuatan buku.(*)

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan