Connect with us

Kampus

Dr Rosdalina Bukido, M.Hum Jadi Penguji Eksternal Promosi Doktor di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.com – Dr. Rosdalina Bukido, M.Hum mendapat amanah untuk bertindak selaku penguji Eksternal pada ujian terbuka (Promosi) di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar yang bertempat di gedung PPG, Selasa, 21 Februari 2023.

Rosdalina diundang dengan kapasitas sebagai peneliti maupun penulis tentang pernikahan Bugis. Mahasiswa yang diuji merupakan Dosen Muda di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yakni Nugraha Hasan dengan judul Disertasi “Tinjauan Maslahah Perilaku Konsumtif Ade Mappettu Ada’ dalam Pernikahan Bugis Sidenreng Rappang”.

Rosdalina mengungkapkan bahwa prosesi pernikahan Bugis khususnya tradisi Mappettu Ada’ adalah sebuah fenomena yang unik, adat dan moderenitas tidak bisa dipisahkan sehingga menimbulkan sebuah nilai. Hal ini perlu dijelaskan secara eksplisit oleh promovendus.

Nugraha mengungkapkan bahwa terdapat dua nilai yang muncul yaitu nilai sosial dan ekonomi yang saling berkaitan satu sama lain, namun tidak melenceng dari budaya atau tradisi yang ada sejak dulu sehingga tidak menimbulkan pergumulan agama dan adat yang dapat menghasilkan fenomena baru.

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan