Connect with us

Peristiwa

Anggota TGUPP Apresiasi Kinerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan

Published

on

Spread the love

Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi Sulawesi Selatan Bidang Pendidikan Prof. Dr. Hamzah Upu, M.Ed bersama Prof. Dr. Heri Tahir, S.H., M.H memberi apresiasi terhadap kinerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya, S.H, M.H.

“Luar biasa, Kinerja Pak Kadis Perpustakaan, ini patut kita beri apresiasi,” ujar Prof. Hamzah yang kagum dan takjub melihat hasil pembenahan dan penataan ruangan, ketika berkunjung di Layanan Perpustakaan Umum maupun di Layanan Perpustakaan Multimedia Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (19/11/2021).

Pernyataan senada juga diungkapkan Prof. Heri Tahir, yang memberi apresiasi terhadap perubahan-perubahan yang luar biasa yang terjadi di beberapa gedung layanan yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dalam dua – tiga tahun terakhir ini.

Kehadiran anggota TGUPP Sulsel yang melakukan peninjauan di beberapa Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan ini, disambut dan di dampingi langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulse Moh. Hasan Sijaya bersama Kepala UPT Layanan Perpustakaan Abd. Hadi.

Ruangan pertama yang ditinjau oleh anggota TGUPP Sulsel ini adalah Ruang Layanan Umum di Jl. Sultan Alauaddin Km. 7 Tala’ Salapang Makassar. Ruang layanan Perpustakaan umum baik di lantai satu maupun di lantai dua, saat ini memang sudah mengalami perubahan yang luar biasa dibanding dua atau tiga tahun lalu. Penataan ruangannya sudah sangat modern, suasananya sejuk dan menjadi tempat yang nyaman bagi para pemustaka untuk membaca buku, melakukan kegiatan diskusi dan aktivitas keilmuan lainnya.

Di lantai dua, selain melihat penataan koleksi di ruang Layanan Deposit, anggota TGUPP Sulsel ini juga cukup antusias melihat keberadaan layanan PP IPTEK dengan berbagai alat peraga edukatif yang ada di dalamnya. Bahkan dipandu oleh Pustakawan yang bertugas di layanan PP IPTEK, dua orang akademisi dari UNM ini juga mendemonstrasikan langsung beberapa alat peraga di PP IPTEK Science Center Makassar.

Dari Gedung Layanan Umum, Anggota TGUPP bersama Kadis DPK Sulsel kemudian menyeberang ke Layanan Perpustakaan Multimedia dengan berjalan kaki. Sebelum tiba di Gedung Layanan Multimedia, mereka juga sempat melihat langsung Taman Lontaraq dan Masjid Ashabul Jannah yang berada di halaman antara Gedung Layanan Perpustakaan Umum dan Perpustakaan Multimedia.

Lokasi Masjid dan Taman Lontaraq ini dulunya terkesan kumuh, suasana terutama di malam hari gelap tampa penerangan, sehingga kerap dijadikan tempat untuk berbuat maksiat. Tapi saat ini suasananya sudah berubah 180 derajat. Atas prakarsa Kadis Hasan Sijaya di lokasi itu dibangun sebuah masjid yang cukup megah dan diberi nama Masjid Ashabul Jannah, yang sebagian besara anggaran untuk pembangunannya merupakan sumbangan dari para pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel.

Di samping masjid terdapat Taman Lontaraq dan beberapa café di depannya, kini menjadi tempat yang nyaman untuk tempat bersantai ataupun membaca buku di luar ruangan. Bahkan Taman Lontaraq ini juga sekaligus menjadi tempat untuk berkegiatan, tempat diskusi, tempat pementasan bagi para mahasiswa, seniman, budayawan dan komunitas pegiat literasi terutama di sore dan malam hari. Beberapa kegiatan literasi dan seni budaya dari berbagai komunitas sering dilaksanakan di taman ini.

Usai meninjau ruangan di lantai satu dan lantai dua Gedung Perpustakaan Multimedia, Di dampingi Kepala UPT Layanan Perpustakaan Abd Hadi, anggota TGUPP ini melanjutkan peninjauan ke Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel di Jl. Lanto Dg. Pasewang, melihat langsung ruang koleksi dan layanan serta fasilitas sarana permainan anak yang ada di Layanan Perpustakaan yang menjadi role model di Indonesia ini.

Gedung terakhir yang dikunjungi adalah Layanan Kearsipan di Jl. Perintis Kemerdekaan. Selain melihat suasana ruang layanan kearsipan, ruang pengolahan arsip. Anggota TGUPP Sulsel yang kembali ditemani Kadis DPK Sulsel bersama Kepala UPT Jasa Kearsipan H Irwan yang baru saja mengikuti kegiatan Jumat Ibadah di Masjid Syahrul Qiraah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel ini, melihat langsung ruang Depot Kearsipan yang saat ini juga menjadi Depot Percontohan di Kawasan Timur Indonesia.

Respon positif, decak kagum dan pujian dari anggota TGUPP Sulsel selalu ditunjukkan di setiap gedung dan ruangan yang ditinjaunya. Karena pada kenyataannya memang telah terjadi perubahan luar biasa, hampir seluruh ruangan dan gedung yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel ini telah mendapat sentuhan inovasi dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan dan menghadirkan perpustakaan yang semakin maju dan modern di Sulawesi Selatan. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *