Connect with us

Peristiwa

Anggota Tim Sinergi DPK Sulsel Terima Kunjungan Pejabat DPK Kabupaten Morowali Konsultasi Terkait Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Published

on

Spread the love

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah satu-satunya provinsi yang paling banyak melakukan replikasi mandiri program  Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Pada tahun 2020 lalu jumlah penerima manfaat dari replikasi mandiri yang menggunakan dana APBD Provinsi ini mencapai 166 titik perpustakaan yang tersebat di 17 kabupaten/kota, terdiri dari perpustakaan desa/kelurahan, perpustakaan lorong, perpustakaan komunitas dan Taman Baca Masyarakat (TBM).

Pada tahun ini replikasi tersebut kembali diperluas dengan target 200 titik penerima manfaat di 24 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, dan saat ini data yang dihimpun dari Seksi Pembinaan Perpustakaan, baru direalisasikan di 55 titik penerima manfaat di 7 kabupaten/kota.

Keberhasilan Provinsi Sulawesi Selatan dalam melakukan kegiatan replikasi mandiri dengan menggunakan dana APBD ini, telah mengundang sejumlah pengelola perpustakaan provinsi dan kabupaten penerima manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk melakukan studi tiru ataupun berkonsultasi terkait dengan upaya yang dilakukan DPK Provinsi Sulsel sehingga dapat melakukan kegiatan replikasi mandiri ini, salah satunya adalah dari Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah.

Kabupaten Morowali adalah salah satu kabupaten penerima manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dari Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2020 dan replikasi desanya pada tahun 2021.

Untuk mengembangkan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Kabupaten Morowali khususnya terkait dengan replikasi mandiri di desa. Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Penyelenggaraan Kearsipan DPK Morowali Nurmawati, SE, bersama kepala seksi dan staf perencanaan melakukan konsultasi dengan anggota Tim Sinergi Provinsi Syamsul Arif yang juga adalah Koordinator Pustakawan Sulsel di ruang kerjanya, lantai dua Gedung Perpustakaan Multimedia DPK Sulsel, Selasa (12/10/2021).

Selain berkonsultasi tentang pelaksanaan replikasi mandiri program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Rombongan dari DPK Kabupaten Morowali ini juga mengkonsultasikan kegiatan Bunda Baca dan Duta Baca dan beberapa hal lainnya terkait dengan pengembangan perpustakaan dan upaya peningkatan minat baca masyarakat.

Pada kesempatan itu rombongan dari DPK Kabupaten Morowali ini juga melakukan kunjungan ke ruang layanan perpustakaan di lantai satu Gedung Perpustakaan Umum DPK Sulsel dan ruang layanan Pusat Peraga IPTEK yang berada di lantai dua yang berisi berbagai jenis alat peraga yang merupakan wahana pembelajaran menumbuh-kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, rombongan dari DPK Kabupaten Morowali ini diterima dan didampingi langsung oleh Kepala UPT. Perpustakaan DPK Sulsel Abd. Hadi, S. Sos, M.M. Bahkan pada kesempatan itu rombongan dari DPK Morowali dipandu oleh pemandu yang bertugas memberikan informasi edukasi, agar pengunjung mendapatkan segala informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan, sempat mendemonstrasikan beberapa alat peraga yang ada seperti bermain Tebak Tanggal Lahir, Baterai Tangan, Harpa Tanpa Dawai, Katrol serta memperkenalkan alat peraga lainnya seperti Gyro Extreme, Energi VS Daya, Bola Listrik dan Lengkungan Nan Kokoh.

Pada kesempatan yang sama Kepala UPT. Perpustakaan memberikan informasi akan pentingnya berkolaborasi dengan instansi pemerintah atau swasta untuk memperluas jangkauan layanan, contohnya yang telah dilakukan oleh DPK SULSEL dengan Bank Indonesia, Bank Sulselbar, dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Penyelenggaraan Kearsipan DPK Morowali Nurmawati, mengaku sangat senang dengan kunjungan ini, ia juga memuji keberadaan gedung dan ruang layanan perpustakaan yang sangat indah dan modern. Ia selaku pimpinan rombongan menyampaikan terima kasih atas sambutan dan infomasi yang telah diberikan dari pejabat DPK Sulsel sebagai bahan masukan untuk penyelenggaraan kegiatan perpustakaan di kabupaten Morowali. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *