Connect with us

Peristiwa

Anggota DPRD Sidrap Konsultasi ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Terkait Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Published

on

Spread the love

Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidrap khususnya Komisi III yang menjadi mitra kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidrap melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (26/4/2021).

Kunjungan legislator dari Sidrap yang dipimpin wakil Ketua DPRD Sidrap A. Sugiarno Bahri, SE adalah dalam rangka melakukan koordinasi dengan jajaran DPK Sulsel terkait dengan upaya peningkatan minat baca masyarakat dan pembinaan serta pengembangan perpustakaan di Kabupaten Sidrap.

Kehadiran Anggota DPRD Sidrap ini diterima Kepala DPK Sulsel yang diwakili Kepala Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M, dengan menggelar pertemuan di Ruang Rapat Lantai dua Gedung Layanan Perpustakaan UMUM DPK Sulsel di Jl. Sultan Alauddin Km. 7 Tala’ Salapang Makassar.

Selain Wakil Ketua DPRD A. Sugiarno, hadir pada pertemuan itu Ketua Komisi III DPRD Sidrap H. Rusman, S.H, Wakil Ketua Komisi III Sainal Husain, S.Sos, Sekretaris Komisi III Muh. Syukur Rabbaiseng, S.T, dan anggota Komisi III DPRD Sidrap lainnya Dra. Hj. Sitti Rahma, M.Si, H. Iksan Rakib, S.E, H. Faisal dan Saenal Rosi, A.Ma. Pust. Mereka di dampingi Kepala DPK Sidrap Wahidah Alwi, S.P., M.M, bersama Kepala Bidang Layanan TIK dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan DPK Sidrap Hasanuddin, S.Sos dan staf dari DPRD Sidrap.

Sementara dari DPK Sulsel hadir Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Nilma, S.Sos., M.M, Kepala Seksi Pengolahan dan Pengembangan Perpustakaan Syamsuddin, S.S., M.M, Kepala Didang Deposit Drs. Muh. Syarir Razak, M.AP, Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos., M.A dan PIC Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sulsel Nazaruddin, S.Ag., M.Sos.I.

Dalam sambutan penerimaannya Kabid Yulianto menjelaskan gambaran umum keberadaan DPK Sulsel dan program kerja yang menjadi prioritas yang saat ini dilaksanakan, antara lain memperkuat sinergi dengan seluruh stakeholder yang ada termasuk DPRD Sulsel dan DPK kabupaten/kota maupun Perpusnas RI dalam mengembangkan gerakan literasi di Sulsel.

Menurut Yulianto, berbagai kemajuan yang dicapai DPK Sulsel saat ini termasuk peningkatan jumlah anggara yang diperoleh tidak lepas dari Peran Kadis DPK Sulsel yang mampu menyakinkan dan membangun komitmen dengan Anggota DPRD Sulsel khususnya Komisi E yang menjadi mitra kerja DPK Sulsel, sehingga mereka memberi perhatian khusus terhadap DPK Sulsel.

Berkat dukungan dari DPRD dan Stakeholder yang ada, DPK Sulsel juga telah melaksanakan replikasi mandiri Program Transformansi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan memberikan bantuan hibah berupa buku, rak buku dan komputer kepada perpustakaan desa, perpustakaan lorong, perpustakaan komunitas dan taman baca masyarakat yang pada tahun 2020 lalu jumlahnya mencapai 166 titik penerima manfaat di 17 kabupaten/kota se Sulsel.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sidrap A. Sugiarno Bahri, dalam sambutannya menjelaskan bahwa salah satu bidang pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia adalah peningkatan minat baca masyarakat, dan ini harus dimulai dari usia dini hingga usia lanjut, terutama juga di kalangan generasi muda kita.

“Oleh karena itu,  DPRD yang juga memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan minat baca menjadi budaya baca masyarakat, juga memberi perhatian yang cukup besar terhadap hal ini. Di Kabupaten Sidrap, kita berupaya agar program ini masuk ke desa-desa, bahkan bukan hanya peningkatan budaya bacanya, tetapi dengan membaca mereka juga bisa berproduksi untuk meningkatkan kesejahteraannya,” ujar A. Sugiarno.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Komis III DPRD Sidrap H. Rusman, yang menjelaskan bahwa selama ini DPRD khususnya dari Komisi III yang menjadi mitra DPK Sidrap telah berupaya untuk memberi perhatian maksimal dan sangat mendukung program pengembangan perpustakaan di Kabupaten Sidrap sesuai dengan kemampuan yang ada. Hanya saja diakui, bahwa kendala yang dihadapi saat ini adalah minimnya anggaran yang ada. Sehingga H. Rusman berharap adanya dukungan dan perhatian terutama bantuan anggaran dan program kegiatan dari Provinsi dan Pusat untuk Sidrap.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Komisi III Sainal Husain, yang merasa miris dan sedih karena belum adanya political well dari pemerintah untuk memberi anggaran yang proporsional dan rasional untuk perpustakaan agar bisa berjalan maksimal, padahal disadari bahwa keberadaan perpustakaan ini sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM dalam rangka kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

Zaenal Rosi, satu-satunya anggota DPRD dari 35 Anggota DPRD Sidrap yang berlatarbelakang pustakawan juga sangat prihatin karena belum adanya Gedung Layanan Perpustakaan Umum yang representatif di Sidrap, Gedung yang ada saat ini masih mendompleng di Ruang lain, koleksi bukunya juga sedikit dan itupun buku-buku lama sehingga tidak ada orang yang datang membaca di sana.

“Sudah dua tahun ini kita mengajukan proposal ke Pusat untuk mendapatkan dana alokasi khusus pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan tapi belum lolos. Karena itu kita minta dukungan dari Provinsi untuk memfasilitasi, supaya Sidrap juga bisa dapat bantuan seperti daerah lain,” ujarnya.

Hal itu juga dibenarkan Kepala DPK Sidrap Wahidah, menurutnya pihaknya sudah menyiapkan lahan yang strategis berada di jalan poros dan bersertifikat, untuk pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan yang representatif dan modern. Karenanya ia berharap semoga atas dukungan dan fasilitasi dari provinsi Sidrap bisa mendapatkan bantuan dana DAK untuk pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan di tahun 2022 mendatang, karena keberadaannya sangat dibutuhkan dalam rangka mendukung Sidrap sebagai Kota Pendidikan.

Pada kesempatan itu Wahidah juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang cukup besar dari Provinsi, berkat rekomendasi dari DPK Provinsi tahun ini DPK Sidrap mendapatkan bantuan satu unit Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpusnas RI. Wahidah yang baru setahun lebih menjabat Kadis DPK Sidrap ini  juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD Sidrap yang selama ini sangat peduli dan mendukung keberadaan DPK Sidrap.

Kehadiran Wakil Ketua DPRD dan Seluruh Anggota Komisi III DPRD Sidrap dalam kunjungan ke DPK Sulsel ini, merupakan bukti komitmen DPRD Sidrap terhadap upaya pengembangan Perpustakaan di Sidrap, dan pertemuan ini menjadi awal yang baik untuk membangun sinergi dan kolaborasi yang lebih baik dengan jajaran DPK Sulsel dalam rangka peningkatan gerakan literasi untuk kesejahteraan di masa yang akan datang. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *