VioToko, template toko online premium blogger

DI MASA pandemi seperti sekarang ini, hampir semua pekerjaan beralih media. Banyak orang mau tidak mau harus beralih ke dunia online. Termasuk pekerjaannya.

Kebutuhan dunia internet akhirnya makin besar. Setiap pertemuan, seminar dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Tak hanya itu, berbelanja pun sudah dilakukan dengan cara yang lebih efisien. Lewat internet.

Apa itu Toko Online?

Cara Membuat Web Toko Online

Cara Membuat Web Toko Online | Pixabay

Toko online yang terdiri dari dua kata. Pertama, Toko. Toko menurut KBBI adalah kedai berupa bangunan permanen tempat menjual barang-barang (makanan kecil dan sebagainya). Sedangkan Online yang diindonesiakan berarti daring atau dalam jaringan, artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Sehingga dapat disimpulkan pengertian Toko Online secara singkat adalah tempat menjual barang melalui jaringan internet.

Saat ini ada berbagai macam toko online. Akan tetapi tersedia dalam bentuk marketplace. Seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dsb. Nah, bagaimana solusi buat penjual asongan di pinggir jalan jika ingin punya toko online sendiri?

Jawabannya adalah membuat Website Toko Online.

Apakah membuat website toko online itu sulit? Tentu tidak sama sekali. Jangan pernah berpikir, bahwa melakukan sebuah perubahan itu sulit. Sebuah cuplikan percakapan di film Money Heist memberikan gambaran singkat. Saat seorang anak muda yang disuruh menggali terowongan lantas langsung mengeluh.

“Saya belum pernah melakukannya,” kata Denver.

Lalu dijawab dengan bijak oleh Moskow, “Semua akan dilakukan pertamakali.” Lalu Moskow menyuruh kembali si Denver, “Ambil palu!”

Lalu si Denver kembali mengeluh. “Saya tidak tahu. Saya belum pernah melakukannya.”

“Semua dimulai dengan pertamakali,” ulang Moskow.

Percakapan tersebut memberikan penjabaran arti bertindak saja tanpa ragu. Selama hal itu postif, maka tak ada salahnya dicoba. Meski itu baru pertamakali dikerjakan.

Lanjut ke bagian membuat website toko online sendiri.

Cara Membuat Toko Online Sendiri

Template Web Toko Online

Template Web Toko Online | Pixabay

Nah dengan hadirnya platform blog, tiap orang mampu membuat toko online sendiri. Ada yang dibuat dengan biaya murah, ada juga yang mahal. Bahkan ada yang gratis. Semua tergantung fasilitas yang disediakan agar Toko Online bagus dilihat di layar gawai/komputer.

Cara Membuat Toko Online

Pertama, Anda bisa menggunakan platform blogger.com atau wordpress.com. Blogspot melalui blogger.com diperuntukkan bagi web sederhana yang penggunaannya tak perlu memerlukan hosting atau penyedia ruang web yang besar. Namun wordpress digunakan bagi yang ingin punya penyimpanan yang lebih besar dan banyaknya pilihan model Toko. Akan tetapi, jika memilih wordpress, Anda perlu merogoh kocek yang lebih besar.

Kedua, pilih domain website toko termasuk nama domain (nama toko). Misal saya contohkan Toko bahan bangunan milik Daeng Salim di Mamuju bernama Toko Tiga Mamuju. Ia memilih Domain .com. Sehingga alamat Toko Onlinenya menjadi Tokotigamamuju.com. Anda bisa mengeceknya dengan mengunjungi situsnya.

Ketiga, silakan unduh template buat Website Toko Online. Buat Anda yang ingin web toko, maka template toko sangat penting. Karena Template merupakan bagian yang diperlukan buat pendirian toko seperti kemudahan penambahan barang/produk, pemberian harga, dan kemudahan pemesanan bagi calon pembeli.

Nah, saya merekomendasikan satu situs untuk mengunduh template Toko Online. Namanya VioToko.

Template VioToko Premium

Template VioToko Premium milik Mas Sugeng ini sangat direkomendasikan bagi UMKM yang ingin membuat toko online yang mudah sekaligus murah. Silakan klik link ini untuh mengunduh.

Ada banyak kelebihan Template VioToko;

  • responsive,
  • fast loading,
  • dan tentunya SEO friendly.

Mas Sugeng sendiri sudah lama dikenal sebagai pembuat template. Ada beberapa template yang sudah dibuatnya. Seperti, EvoMagz, VioMagz, LinkMagz, dan yang ya tentu saja, VioToko.

Jika Anda membelinya, Anda cuma bayar sekali saja. Dan Anda akan mendapatkan update terbaru dari template tersebut. Menariknya lagi, template premium dari Mas Sugeng ini sudah bisa kita custom, sesuaikan keinginan pemilik toko. Jangan bingung, karena jika Anda pemula, Anda akan dibimbing dalam penggunaan template VioToko.

Nah, sudah tertarik membuat Toko Online sendiri?

Yuk langsung dimulai saat ini. Semua keputusan ada di tangan Anda. Cepat atau lambat, seluruh transaksi akan dilakukan lewat dunia online, dan pemilik Web Toko Online adalah salah satu pengendalinya.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

NB:

Saya menyarankan agar saat memilih nama domain toko, silakan membeli alamat domain .com. Karena ada banyak domain seperti .co.id, .co, .or.id, .net, .id, dan lainnya.

Mengapa mesti pakai .com? Karena .com adalah domain umum. Semua orang mengetahuinya. Selain itu domain .com paling banyak direkomendasikan. Mudah diindeks di google, dan berbagai alasan lainnya. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan web, silakan hubungi layanan usaha CV Jariah Publishing Intermedia. Klik link ini.

Leave a Reply