Tagana masuk sekolah di SD Kompleks Borong

Tagana Masuk Sekolah di SD Kompleks Borong

WARNASULSEL.com – Pagi itu, Kamis, 7 November 2019 ratusan anak dari SDN Borong dan SD Inpres Borong berkumpul di halaman upacara mendapat literasi kebencanaan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Ini kegiatan pertama Tagana Masuk Sekolah (TMS) dan saya senang karena dilakukan di Borong,” kata Drs. H. Syakhruddin DN, M.Si yang dikenal sebagai Perintis Tagana Indonesia di Sulsel.

Tagana Masuk Sekolah

Pendekatan yang digunakan Syakhruddin mampu membuat anak-anak gembira dan bersemangat. Anak-anak diperkenalkan dengan jenis-jenis bencana dan bagaimana cara mengantisipasinya dengan metode yang fun layaknya bermain.

Salah satu poin dalam kegiatan OCDay memang terkait simulasi evakuasi bencana.

Kepala SDN Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, menyatakan agar anak-anak lebih memahami tentang kebencanaan maka pihak sekolah mengundang Tagana, biar lebih informatif dan interaktif.

SD Kompleks Borong

Sementara Kepala SD Inpres Borong, Musli S.Pd, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada TAGANA yang sudah memberikan edukasi kebencanaan sejak dini kepada anak-anak.

Siswa siswi SD Kompleks Borong

Bertepatan dengan OCDay ini, SD Inpres Borong melakukan deklarasi SRA, dengan membentuk gugus tugas SRA.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Andi Tenri A. Palallo yang berkunjung untuk menyaksikan pelaksanaan OCDay di SD Kompleks Borong, memuji sekolah-sekolah yang telah berusaha mengimplementasikan hak-hak anak dalam beragam kegiatan.

“OCDay ini bagian dari upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak atau SRA,” jelas Andi Tenri A. Palallo usai membubuhkan tanda tangan pada kain sepanjang 20 meter yang berisi harapan, pesan dan komitmen SRA.

Hj Faridah, Kasubid Pengarusutamaan Anak DP3A Kota Makassar, menambahkan bahwa staf DP3A berkeliling ke berbagai sekolah untuk melihat secara langsung pelaksanaan OCDay di Makassar.

SD Kompleks Borong

Kegiatan OCDay dalam rangka Hari Konvensi Anak ini dihadiri Ketua dan Bendahara Komite SD Kompleks Borong, pengawas sekolah, pengurus PGRI Sulsel dan sejumlah orangtua peserta didik.

Juga hadir Rusdin Tompo, fasilitator ekskul minat bakat di SDN Borong. Selain simulasi kebencanaan, anak-anak juga melakukan berbagai kegiatan, antara lain cuci tangan sebelum dan sesudah makan, makan bersama, bermain permainan tradisional, senam Germas, tepuk Hak Anak dan yel-yel SRA serta menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu wajib nasional sebagai bagian dari pendidikan karakter, untuk menanamkan nasionalisme.(*)

Rusdin Tompo @rusdintompo

Pembicara dan penulis isu anak dan media serta penyuka seni.

Recent Posts

  • Daerah
  • Peristiwa

FLP ranting UINAM gelar pelantikan, upgrading dan raker periode 2019-2020

  WARNASULSEL.com - Sebagai agenda lanjutan dari Musyawarah Ranting pada 20 Oktober 2019 lalu, Forum Lingkar Pena melaksanakan Pelantikan, Upgrading…

7 days ago
  • Daerah
  • Peristiwa

M Galang Pratama beri motivasi literasi di SD Kompleks Borong

  WARNASULSEL.com - Khusus untuk SD Negeri Borong, anak-anak diajak melakukan field trip ke beberapa tempat.     Setiap kelompok…

1 week ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Pertemuan perdana Fokasi IT Pelajar Makassar

      WARNASULSEL.com - Forum Komunikasi IT atau Fokasi Pelajar Makassar menggelar pertemuan perdananya, Sabtu (2/11/2019).   Kegiatan yang…

2 weeks ago
  • Peristiwa

Lomba debat ilmiah meriahkan selebrasi bulan bahasa SMAIT Nurul Fikri Makassar

    WARNASULSEL.com - Literasi Sains dikenal sebagai jenis literasi dasar yang menghadirkan banyak informasi kepada pembaca atau pendengar.  …

2 weeks ago
  • Cawah
  • Uncategorized

Street quotes ini bisa bikin kamu seketika merenung

WARNASULSEL.com-  Dikutip dari laman FB Haru D. Fold, beberapa street quotes ini bisa membuat kita sejenak merenung. Terutama banyak dari…

2 weeks ago
  • Daerah
  • Peristiwa

Dongkel Dinas Perpustakaan Makassar meriahkan selebrasi bulan bahasa SIT Nurul Fikri Makassar

WARNASULSEL.com - Dinas Perpustakaan kota Makassar memiliki program layanan Dongeng Keliling with Mobile Library secara cuma-cuma sebagai bentuk kepedulian mereka…

2 weeks ago