Connect with us

Peristiwa

Meningkatkan Kesadaran Pelestarian Budaya, GenBI SulSel Gelar GenBI LENTERA

Published

on

GenBI LENTERA
Spread the love

Senin, 30 Oktober 2023 – Deputi Pendidikan Wilayah Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan GenBI Leadership With Lontara (LENTERA) di Baruga Phinisi Lt. 4 KpwBI Sul-Sel. Program kerja dengan tema “Gaungkan Jiwa Kepemimpinan dan Peka Terhadap Budaya Bangsa” ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan budaya Aksara Lontara yang menjadi warisan budaya Internasional dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan generasi muda saat ini.

Kegiatan LENTERA diawali dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama dibuka oleh laporan ketua panitia, Hervin Al-Jumari. Dalam sambutannya, “Diharapkan semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran serta dapat memberi kesan istimewa bagi teman-teman dalam meningkatkan kesadaran menjaga dan melestarikan budaya,” ucap Hervin Al-Jumari, selaku Ketua Panitia. Sambutan selanjutnya dibawakan oleh Reza Checen M. selaku Direktur MSDM yang mewakili Ketua Wilayah GenBI SulSel 2023.

Dalam sambutannya, dikatakan bahwa “Kegiatan ini diadakan oleh deputi pendidikan GenBI Wilayah SulSel, diharapkan teman-teman memperhatikan materi yang diberikan serta semoga dapat bermanfaat dan menunjang pengetahuan teman-teman semua”. Adapun sambutan terakhir sekaligus dibuka secara resmi oleh Dinda Rakhman.

“Kegiatan ini merupakan wadah bagi teman-teman untuk menjalin silahturahmi. Kegiatan ini mengangkat tema kepemimpinan dan budaya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman semua,” ucap Dinda Rakhman, selaku pembina GenBI Wilayah SulSel. Setelah membawakan sambutan, ia kemudian membuka kegiatan LENTERA secara resmi.

GenBI LENTERA merupakan kegiatan yang memberikan wadah belajar dan diskusi melalui dengan bentuk seminar yang membahas mengenai kepemimpinan dan bagaimana cara menjaga serta melestarikan budaya khususnya Aksara Lontara.

Sesi pertama yakni pemberian materi Leadership yang dibawakan oleh Dirga selaku Menteri Sosial dan Politik BEM FIP UNM Periode 2022-2023. Ia dalam materinya mengatakan, “kepemimpinan bukan hanya mengenai bagaimana cara beretorika dan berpenampilan yang baik. Akan tetapi, bagaimana seorang pemimpin dapat bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya,” terangnya.

Sesi kedua dimulai dengan materi Kekayaan Bangsa Melalui Bahasa Daerah. Materi ini dibawakan oleh Muhammad Luthfi Thahir Yamani selaku duta bahasa SulSel dan SulBar.

“Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling kaya maka dari itu kita sebagai penerus bangsa harus melestarikan bahasa dan budaya. Jangan lupa kuasai bahasa Indonesia dan pelajari bahasa asing,” ucap pemateri tersebut.

Kegiatan LENTERA diharapkan mampu memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan budaya dan bahasa. Secara khusus, bahasa daerah itu sendiri, agar tidak terancam dalam kepunahan dan krisis identitas. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan penyerahan hadiah kepada peserta yang aktif selama keberjalanan kegiatan.

Citizen Reporter: Ananda Ayuni Putri

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *