Connect with us

Kampus

International Conference Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Resmi Dibuka

Published

on

Spread the love

Makassar- 24 Oktober 2023, Bertempat di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, sejarah penting dalam dunia perpustakaan, yakni dengan dibukanya secara resmi kegiatan Hybrid International Conference on Library and Information Science (HICoLIS) 2023. Konferensi internasional ini resmi dibuka dengan berbagai tokoh penting yang turut hadir, termasuk Wali Kota Makassar yang diwakili Asisten I Pemkot Makassar, Wakil Rektor 1 UIN Alauddin Makassar, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. H. Barsihannor, M. Ag, dan Ketua APTIPI (Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Dr. Taufik Asmiyanto, M. Si. Pimpinan Fakultas dan Dosen, staf dan mahasiswa lingkup Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar

Tema besar yang diusung oleh konferensi ini adalah “Fostering the Alignment of Teaching, Learning, and Field Experience to Build Competencies in Library and Information Science Education,” yang menyoroti pentingnya menyelaraskan pendidikan, pembelajaran, dan pengalaman lapangan untuk membangun kompetensi dalam ilmu perpustakaan dan informasi.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, mencerminkan pentingnya isu-isu ilmu perpustakaan di tingkat nasional. Konferensi ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 24 hingga 26 Oktober 2023, yang menawarkan serangkaian presentasi, diskusi panel, dan workshop yang akan mendiskusikan perkembangan terbaru dalam ilmu perpustakaan serta berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Pemkot Makassar, Drs. Andi Muh. Yasir, M. Si. yang juga menyampaikan sambutan hangat kepada para peserta konferensi. Drs. Andi Muh. Yasir menggarisbawahi pentingnya perpustakaan sebagai inti dari pendidikan dan pengetahuan, serta peran strategis dalam mengembangkan masyarakat yang cerdas dan terinformasi.

Selain itu, Wakil Rektor 1 UIN Alauddin Makassar, yang juga menjadi tuan rumah konferensi, menyatakan bahwa HICoLIS 2023 merupakan wadah penting untuk bertukar pemikiran dan pengalaman, serta membangun jaringan antarperpustakaan di seluruh Indonesia. Ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa, peneliti, dan praktisi ilmu perpustakaan untuk mendalami isu-isu penting dalam bidang ini.

Ketua APTIPI, Dr. Taufik Asmiyanto, M. Si., menyoroti peran penting asosiasi dalam mendukung perkembangan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Dengan kerjasama antaranggota APTIPI dan kolaborasi dalam konferensi seperti HICoLIS, ia berharap perkembangan ilmu perpustakaan di Indonesia semakin maju dan terdepan di tingkat global.

“HICoLIS 2023 adalah ajang yang sangat dinanti-nantikan oleh komunitas ilmu perpustakaan di Indonesia, dan dengan tema yang relevan, keragaman peserta, dan dukungan berbagai pihak, diharapkan konferensi ini akan memberikan kontribusi berharga dalam pengembangan ilmu perpustakaan dan informasi di Indonesia. Semoga berbagai pemikiran dan ide brilian dapat bersinar dalam acara ini dan membantu memajukan dunia perpustakaan ke arah yang lebih baik”, Kata Dr. Irvan Muliyadi, S. Ag. S.S., M.A selaku Ketua Pelaksana.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *