Connect with us

Peristiwa

Dispus Arsip Sulsel Kerjasama Dispus Arsip Tator Gelar Bimtek SPP TIK bagi Pengelola Perpustakaan Lembang dan Kelurahan

Published

on

Spread the love

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Dispus Arsip Sulsel) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja (Dispus Arsip Tator) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Pengembangan Perpustakaan – Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bimtek SPP TIK) bagi Pengelola Perpustakaan Lembang dan Kelurahan penerima manfaat Replikasi Mandiri Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tana Toraja ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja yang diwakili Sekretaris Dinas, Ruth Belopadang, S.Pd, Jumat (25/8/2023).

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dinas, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus mewakili Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menyampaikan salam hormat dan ucapan terima kasih atas perhatiannya dan dukungan nya dalam pengembangan dan pembangunan Gerakan Literasi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa khususnya di Kabupaten Tana Toraja.

Menurutnya, beberapa tahun lalu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan secara bertahap telah memberikan bantuan berupa buku, rak buku dan komputer kepada Perpustakaan Lembang dan Kelurahan di Kabupaten Tana Toraja. Bantuan yang diberikan ini adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan, kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tana Toraja.

Dijelaskan bahwa, Program ini merupakan replikasi mandiri TPBIS yang saat menjadi salah satu program prioritas pemerintah dalam rangka pemberdayaan dan penguatan peran perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan budaya baca dan literasi masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang semakin cerdas dan sejahtera dengan tagline “Literasi untuk Kesejahteraan”.

“Untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mendukung peningkatan literasi untuk kesejahteraan ini. Maka pengelola perpustakaan perlu dibekali dengan pelatihan/ peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan melalui Bimtek seperti ini,” paparnya.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan para peserta dapat betul-betul mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya, apalagi materi-materi yang disajikan dalam pelaksanaan Bimtek ini, adalah materi teknis yang berkaitan dengan strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang akan disampaikan oleh Master Trainer Nasional Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dan Fasilitator Daerah dari  Provinsi Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

“Kami juga mengharapkan agar ilmu yang didapatkan dari Bimtek ini dapat betul-betul diimplementasikan dalam rangka memajukan dan mengembangkan perpustakaan di Kelurahan dan Lembang masing-masing, menuju Perpustakaan yang Bertransformasi dan Ber-inklusi Sosial yang tidak hanya mencerdaskan tetapi juga memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat,” kuncinya.

Sementara itu PIC Program TPBIS Provinsi Sulawesi Selatan Nazaruddin, S.Ag., M.Sos.I dalam laporannya selaku pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek SPP TIK ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan strategi pengembangan Literasi dan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial kepada para pengelola perpustakaan Lembang dan Kelurahan penerima manfaat Replikasi Mandiri  TPBIS Provinsi Sulawesi Selatan.

Tujuan lainnya dalah mewujudkan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis inklusi sosial dengan memfasilitasi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan di perpustakaan sesuai dengan kebutuhannya, dan mewujudkan masyarakat sejahtera melalui pemberdayaan perpustakaan dan pengembangan kegiatan literasi. (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *