Connect with us

Peristiwa

Kadis Andi Parenrengi Terima Kunjungan Kerja Kadis Perpustakaan Makassar

Published

on

Spread the love

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan (Dispus Arsip Sulsel) Ir. H. Andi Parenrengi, M.P, menerima kunjungan kerja Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo, S.Sos., M.Si yang di dampingi sejumlah pejabat administrator dan pengawas serta pejabat fungsional pustakawan lingkup Dinas Perpustakaan Kota Makassar, di ruang kerjanya di Kantor Layanan Perputakaan Umum Jl. Sultan Alauddin Tala Salapang Makassar, Kamis (9/2/2023).

Kunjungan kerja dan audiensi Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar ini dalam rangka koordinasi dan menjalin silaturahmi dengan Kepala Dispus Arsip Sulsel Andi Parenrengi yang baru sebulan lebih menjabat Kadis beserta Pejabat struktural dan fungsional lingkup Dispus Arsip Sulsel.

Pada penerimaan kunjungan kerja Kadis Perpustakaan Kota Makassar tersebut, Kadis Andi Parenrengi di dampingi sejumlah pejabat administrator, Sekretaris Dinas Drs. Andi Sangkawana, M.M, Kepala Bidang Perpustakaan Drs. Yulianto, M.M, Kepala UPT Layanan Perpustakaan Kaharullah, S.E.

Pada kesempatan itu, pejabat dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, antara lain Survey Kegemaran Membaca yang sekarang berubah nama menjadi Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM).

Khusus terkait TGM Kota Makassar, terakhir berada pada posisi nilai 40 ada kenaikan sekitar 20 digit hampir 70 persen, kenaikan ini ditunjang oleh beberapa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam rangka peningkatan minat baca khususnya di kalangan siswa.

Dilaporkan juga terkait pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Kota Makassar yang dibangun dengan dana DAK dari Perpusnas RI tahun 2021 sebanyak 10 Milyar, namun penyedia yang memenangkan proyek tersebut di posisi 7,9 Milyar, jadi yang dimanfaatkan hampir 8 Milyar.  Di tahun 2022 karena proyek ini tidak selesai sehingga putus kontrak di posisi 91,85 persen. Tapi Alhamdulillah di tahun 2023 Dinas Perpustakaan Kota Makassar mendapatkan support yang begitu  baik dari Walikota Makassar dengan memberikan dana APBD senilai 2,5 Milyar untuk penyempurnaan Gedung Layanan Perpustakaan tersebut, sehingga diharapkan di tahun ini Gedung tersebut bisa rampung sehingga nilai manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar juga melaksanakan berbagai kegiatan Road Show sampai ke lorong-lorong melaksanakan kegiatan mendukung Program Walikota, Lorong Wisata untuk pemulihan ekonomi rakyat dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait. Melaksanakan kegiatan Dongkel (dongeng keliling) sesuai permintaan masyarakat.

Selain pejabat struktural, pejabat fungsional pustakawan Tulus Wulan Juni, S.Sos, juga melaporkan terkait inovasi. Sejak terbentuk di tahun 2016, Dinas Perpustakaan Kota Makassar telah menelorkan 9 inovasi, antara lain Sentuh Pustaka dan yang terbaru Talibuku Setahun (Tamat Lima Buku Setahun).

Pada kesempatan itu Tulus berharap, agar koordinasi antara Dispus Arsip Sulsel dengan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dapat lebih harmonis lagi di masa-masa yang akan datang. Ia juga berharap Dispus Arsip Sulsel memberi perhatian dalam hal bantuan fisik dan bantuan pelatihan dalam rangka peningkatan SDM pengelola perpustakaan. Yang terpenting juga menurutnya Dispus Arsip selaku pembina dari organisasi pustakawan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sulsel dapat mendorong kembali aktifnya IPI yang selama ini vakum sejak tahun 2020 lalu.

Sementara itu Kadis Andi Parenrengi menyambut baik kunjungan silaturami dan koordinasi dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar, dan berharap kerjasama, sinergi dan kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi dan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam rangka mendorong peningkatan budaya baca dan gerakan literasi di masyarakat ke depan dapat semakin ditingkatkan. (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *