Connect with us

Kolom

Menjadi sehat dengan tubuh yang ideal

Published

on

Spread the love

Oleh Suci Nurul Karunia Rahim

Badan yang bagus merupakan suatu keinginan semua orang, terutama pada zaman sekarang yang dimana semua orang ingin memliki badan yang ideal. Tubuh yang sehat dapat dilihat dari kasat mata, hal ini orang yang melihat berpandangan yang berbeda.

Secara umum orang dapat menilai tubuh yang ideal dari pokstur tubuh seseorang itu dengan melihat tinggi dan body seseorang tersebut.

Sebagaimana pada defenisi sehat WHO yaitu sehingga tubuh sehat dan ideal dari segi kesehatan meliputi aspek fisik, mental, sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit (Definisi Sehat WHO Tahun 1950). Dalam segi individu ini membuat karakteristik berbeda dari segi penampilan, suatu aktivitas, dan melakukan hal-hal yang produktif serta bermanfaat.

Pada Zaman serba digital ini terdapat perubahan gaya hidup, sehingga dapat mempengaruhi pola makan. Hal ini membuat dampak bagi tubuh yang ingin ideal, karena untuk menjadi sehat tentunya kita harus mengatur pola hidup kita itu sendiri. Termasuk dalam bagaimana mengatur makan kita sendiri dari segi jumlah kalori yang kita komsumsi.

Untuk Hidup yang sehat perlunya dukungan orang sekitar dalam hal ini kita perlu sumber daya manusia, sebagai faktor pendukung dalam hidup kita. Sebagai mahkluk tuhan yang diciptakan didunia ini dengan segala kelebihan dan kekurangan, yang tidak sempurna perlunya kita kritikan dan nasihat untuk bagaimana kita secara individu melangkah suatu yang baik, dalam hal menuju sehat itu sendiri.

Bila kita mengacu pada defenisi WHO yang sebelumnya kita bahas tadi, dengan menyatakan tubuh yang sehat ideal, memerlukan penilaian dengan psikologis. Apakah orang tersebut sedang mengalami kelainan pribadi, meskipun secara pribadi kita lihat bahwa orang tersebut dari luar sehat tapi dari dalam mengalami gangguan jiwa yang dapat merubah lingkunganya dan menganggu kehidupan disekitarnya, orang tersebut kita tidak dapat defenisikan sehat.

Dalam pengukuran postur tubuh ideal kita bisa nilai sesuai IMT (Indeks Masa Tubuh). Apakah sesuai dengan standar normal atau ideal, yang dimana biasanya dalam pengukuran IMT yang kita ketahui yaitu dengan menggunakan rasio berat badan (kg) dan tinggi badan (tb). Adapun rumus yang kita dapat ketahui sebelumnya yaitu IMT= berat badan (kg)/tinggi badan(tb).

Untuk mengukur IMT itu sendiri, kita perlu mengetahui bagaimana bisa dikatan seseorang tersebut mempunyai badan yang ideal dan tidak normal. Dalam pengukuran IMT yang dipakai secara luas yaitu bahwa IMT yang normal antara 18-25. Seorang dikatakan kurus bila IMT nya < 18 dan gemuk bila IMT nya > 25. Bila IMT > 30 orang tersebut menderita obesitas.

Hal ini kita perlu mengetahui bahwa berat badan dan tinggi badan seseorang itu saling bergantungan. Dengan demikian kita perlu selalu melakukan pengecekan tinggi badan dan berat badan minimal sekali dalam seminggu, agar selalu berada di angka yang sesuai yang di inginkan.

Dalam menuju kondisi tubuh sehat ideal kita perlu mengetahui bagaimana kita mencapai keadaan yang sehat jasmani dan rohani. Dengan mengwujudkan hal tersebut diperlukanya zat bergizi untuk tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, air, zat, dan serat. Diperlukanya setiap hari untuk selalu di komsumsi. Hal ini pasti di butuhkanya biaya dan waktu untuk dapat melengkapi kebutuhan tersebut.

Kita perlu ketahui bahwa demi mendapatkan dan menerapkan tubuh ideal sehat, tidaklah harus selalu bergantung pada hal hal yang sifatnya selalu mahal. Dengan kebutuhan makanan yang bergizi tidaklah harus mengkomsumsi buah dan sayur yang mahal. Oleh karena itu kita harus memperhatikan dan mengetahui di sekitar kita tentang tumbuhan dan sayuran, yang lebih mudah di dapatkan serta sesuai dengan budget kita sendiri. Hal itu tidak akan menambah beban bagi kita sendiri.

Dengan hal ini kita perlu mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari bagi pria dan wanita untuk orang dewasa, yaitu secara umum yang saya ketahui dan sempat baca bahwa bagi wanita kalori yang di butuhkan perharinya yaitu sebanyak 2000 kalori perhari sedangkan bagi pria yaitu 2.500 kalori perhari.

Dalam menjaga pola makan dengan jumlah kalori itu tidaklah cukup, kita harus menyimbangi dengan berolaraga untuk mencapai tubuh ideal sehat dan tetap berada dalam keadaan tubuh sehat ideal. Karena dengan berolahraga tubuh terasa lebih segar dan otot akan menghasilkan oksigen didalam sirkulasi darah, tidak cukup dengan itu. Berolahraga dapat membakar kalori dalam tubuh kita, sehingga jumlah makanan yang kita makan berlebihan dapat seimbang dengan kebutuhan kalori yang terapkan.

Tidak hanya itu jika tubuh kita sehat dan ideal pasti kita akan merasa bahagia dan jauh lebih baik, karena dengan berpenampilan sesuai badan yang di inginkan akan membuat tingkat kepercayaan diri kita meningkat. Serta kita tidak sulit dalam melakukan aktivitas yang berat karena terbiasa dengan berolahraga dan mengatur pola makan. Dengan tubuh sehat ideal kita mudah mendapatkan pakaian yang sesuai dengan tubuh kita hal itu akan membuat kita jauh lebih percaya pada diri kita sendiri.

Dengan menerapkan tubuh sehat ideal kita harus selalu berpikiran positif dan menerapkan hidup yang tentram untuk diri kita sendiri. Karena dengan semangat menjalani hidup yang sehat itu berasal dari pikiran kita sendiri. Sehingga untuk terbinanya tubuh sehat ideal, harus menjadi satu kewajiban yang perlu lebih kita tingkatkan dan menjadi suatu kita perhatikan.
Karena sehat itu mahal, mahal itu memerlukan biaya, biaya tidak mudah didapatkan. Karena untuk mencari biaya perlunya tubuh yang sehat. Untuk itu lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *