Connect with us

Peristiwa

Cara Ampuh Merawat Motor Agar Tidak Gampang Mogok

Published

on

Cara Ampuh Merawat Motor Agar Tidak Gampang Mogok
Spread the love

Memiliki motor dengan performa yang prima tentu merupakan dambaan setiap orang. Motor yang prima juga tidak akan merepotkan ketika bepergian sekalipun itu jaraknya sangat jauh karena terbebas dari mogok. Nah, yang perlu diingat untuk mendapatkan performa yang prima tersebut tentu harus melewati segudang tips merawat motor agar tidak mudah mogok.

Cara Sederhana Merawat Motor Agar Umurnya Panjang

Tidak hanya dikendarai saja, motor juga membutuhkan berbagai perawatan agar performa menjadi prima. Selain itu, perawatan motor yang dilakukan secara rutin juga dapat memperpanjang umur motor sehingga penggunaan bisa bertahan lama. Nah, inilah tips yang perlu Anda ketahui.

1. Panaskan Mesin Sebelum Digunakan

Meskipun terbilang sederhana memanaskan mesin motor sebelum mengendarainya merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Terlebih saat pagi hari ketika mesin motor mati semalaman. Cukup panaskan motor selama 5 menit saja, karena lebih dari itu justru akan membuang bahan bakar.

Biarkan selanjutnya mesin mengalami pemanasan secara alami setelah digunakan. Ini juga merupakan cara merawat motor baru Anda. Motor yang baru membutuhkan pemanasan secara rutin sebelum digunakan karena pada saat berada di dealer tentu belum pernah digunakan.

2. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Bahan bakar juga sangat menentukan lamanya penggunaan motor. Bahan bakar yang baik dapat membuat mesin Anda juga lebih awet karena pembakaran tidak menyisakan kerak pada injector. Terutama pada motor-motor yang baru karena didesain lebih hemat bahan bakar.

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi akan menyempurnakan sistem kinerja mesin dan membuat pembakaran berjalan baik tanpa menyisakan kerak. Anda dapat menggunakan bahan bakar seperti pertamax agar mesin motor bekerja dengan baik. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara merawat mesin motor agar tetap halus saat digunakan.

3. Hindari Membawa Beban Melebihi Kapasitas

Motor tidak didesain untuk membawa kapasitas yang berat layaknya mobil dan truk. Beban yang berat dapat menyebabkan tekanan pada ban dan juga mengakibatkan kinerja mesin menjadi menurun. Anda hanya diperbolehkan untuk membawa benda kurang dari 120 kg saat mengendarai motor.

Beban berat yang melebihi kapasitas melebihi kapasitas akan membuat motor menjadi cepat rusak dan tidak awet. Jika terpaksa untuk membawanya makan usahakan tidak menempuh jarak yang jauh. Karena dapat merusak ban motor dan bagian shockbreaker pada motor.

4. Bersihkan Motor

Merawat motor yang baik tidak hanya tentang bagaimana menjaga performanya menjadi tetap prima. Namun, di sisi lain juga perlu mengetahui cara merawat motor agar tetap kinclong sehingga enak dipandang. Selain itu, dengan sering-sering membersihkan motor juga membantu menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel pada mesin dan kanvas rem.

Jangan sembarangan menggunakan deterjen saat mencuci motor karena dapat merusak warna pada motor. Ada baiknya menggunakan sampo motor tersendiri agar warna motor tidak cepat memudar. Jangan menggosoknya terlalu kuat bisa saja body motor menjadi lecet, akan lebih baik jika menggunakan teknik semprot agar motor tidak tergores.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari secara langsung tidak boleh Anda sepelekan begitu saja, karena hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada speedometer dan menimbulkan warna body motor menjadi kusam. Usahakan untuk memarkirkan motor di tempat yang teduh dan gunakan penutup motor agar tidak terkena paparan matahari secara langsung.

Motor yang diletakkan di tempat yang teduh juga akan memberikan kenyamanan pada saat Anda menaikinya. Karena jok motor tidak akan terasa panas di badan Anda ketika mengendarainya. Sehingga sangat penting sekali untuk menghindarkan motor dari paparan sinar matahari secara langsung.

6. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Kebanyakan orang kerap kali menyepelekan tanda speedometer yang menunjukkan penggunaan bahan bakar. Padahal jika sampai kehabisan bahan bakar ini dapat membuat mesin motor Anda mudah rusak. Ada baiknya untuk tidak sampai menunjukkan tanda E pada speedometer Anda ini akan meminimalisir kehabisan bahan bakar di tengah jalan.

Terlebih pada motor matic maupun motor injeksi, kehabisan bahan bakar dapat berakibat fatal kepada mesin Anda. Usahakan untuk selalu mengisi full bahan bakar ketika Anda bepergian jauh menggunakan motor. Selain tidak direpotkan dengan kehabisan bahan bakar, ini juga membantu merawat mesin motor agar tetap awet digunakan.

Mengganti Oli Secara Rutin

Cara merawat motor yang terakhir ini juga tidak kalah penting yakni mengganti oli secara rutin. Penggantian oli secara rutin dapat memelihara sistem kerja mesin menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Salah satu acuan yang dapat digunakan yakni penggantian oli mesin ketika Anda sudah mencapai jarak tempuh 1.000 km. dan penggantian oli gardan ketika Anda sudah mencapai jarak 5.000 km.

Jika lupa dengan acuan jarak tempuh tersebut, Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala 2 sampai 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk menggunakan jenis oli sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Oli yang diganti secara rutin mencegah mesin motor cepat rusak.

Namun, penggantian oli ini juga tidak harus di tempat service motor saja. Apabila Anda memiliki kemampuan mengganti oli sendiri justru akan lebih hemat karena tidak membayar jasa servis motor di bengkel. Anda hanya perlu membeli jenis oli gardan yang dibutuhkan motor.

Nah, untuk mendapatkan berbagai jenis oli gardan yang dibutuhkan untuk merawat motor, Anda dapat menemukannya di Blibli.com. Blibli menyediakan berbagai jenis oli gardan mulai dari merk AHM, Petroasia, oli gardan Eni Matic dan masih banyak lagi. Anda dapat menemukan oli gardan sesuai dengan spesifikasi motor.

Blibli merupakan salah satu e-commerce yang kredibel di Indonesia. Berbagai produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik dan tentunya terdapat berbagai penawaran hingga diskon besar-besaran yang dapat membantu Anda menghemat saat berbelanja. Temukan berbagai produk kebutuhan hidup dan elektronik di Blibli.

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *