Connect with us

Kampus

Perkuat Pengetahuan Hukum Mahasiswa, HMJ Ilmu Hukum FSH UINAM Gelar OSPEKUM

Published

on

Spread the love

WARNASULSEL.COM. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum (HMJ IH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan Orientasi Pengenalan Profesi Hukum (OSPEKUM) yang berlangsung pada tanggal 22 oktober hingga 23 oktober 2021 di Aula LT 1 BPPAUD Kota Makassar.

Kegiatan ini mengusung tema “Reaktualisasi Karakter Mahasiswa Hukum Demi Insan Hukum yang Profesional, Kompoten, dan Akuntabel Dalam Dunia Kerja”, Kegiatan ini diikuti sebanyak 65 peserta dari mahasiswa Ilmu Hukum UIN Alauddin Makassar angkatan 2021.

Adapun kegiatan OSPEKUM ini menghadirkan Delapan narasumber, diantaranya Kompol Sismoyo (Kasubdit Sosbud Polda Sulsel), Prihatini Hudahanin S.H, M.H (Hakim pengadilan Negeri Bantaeng), Andi Idris, SH.,MH. (Kepala Biro Hukum Provinsi Sulawesi Selatan), Ismil Bachtiar S,K.M (Anggota Komisi C DPRD Prov. Sulsel), Moch Fauzan Zarkasi S.H (Pembimbing Kemasyarakatan Pertama Bapas Kelas 1 Makassar), Hasnadirah, S.H.,M.H. (Kejaksaan Tinggi Prov. Sulsel), Hisbullah S.H.,M.H. (Akademisi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar), Kurniawan S.H.,M.H. (Advokat Sekaligus Ketua Ika Ilmu Hukum).

Ketua Umum HMJ Ilmu Hukum, Muh. Aqil Al Waris mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan Tudang Sipulung serta sebagai salah satu jenjang pengkaderan di Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

“Kegiatan ini adalah bentuk pertanggung jawaban HMJ Ilmu Hukum untuk angkatan 2021 yang telah mengikuti Tudang Sipulung, jenjang pengkaderan di Ilmu Hukum sangat panjang, namun itulah yang membedakan kita dengan jurusan lain”. Tegas Ketua HMJ Ilmu Hukum yang akrab disapa Aqil.

Roni Enre, Selaku ketua panitia OSPEKUM mengutarakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar mahasiswa baru dapat mengenal dan mengetahui profesi hukum.

“Tujuan dibuatnya kegiatan pengenalan profesi hukum ini adalah adik-adik mampu mengenal profesi hukum itu lebih dalam lagi dan saya jamin di bangku perkuliahan adik-adik tidak diberikan materi seperti ini hanya ada di HMJ ilmu hukum dan Ketika sudah sarjana hukum kita mempunyai tanggung jawab dan lingkup yang luas dalam dunia kerja” ungkapnya.

Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. H. Muh. Saleh Ridwan M.Ag. dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap HMJ Ilmu Hukum atas progresifitasnya menjalankan program kerja serta membanggakan nama Fakultas Syariah dan Hukum.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada HMJ Ilmu Hukum, karena pada detik-detik berakhirnya kepengurusan, masih menjaga progresnya, tentu ini tidak lepas dari bimbingan dari pihak jurusan” tutupnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *