Islamic Tourism Expo 2018 Digelar di Makassar

Warnasulsel.com – Perhelatan Islamic Tourism Expo (ITE) 2018 kini digelar di Makassar, sebagai kota pertama setelah Jakarta.

ITE 2018 di Makassar berlangsung selama dua hari Kamis – Jumat (5-6/7/2018) di Claro Hotel, Jalan AP. Pettarani. Pameran ini diikuti sebanyak 28 exhibitor international dan 21 exhibitor nasional dan lokal di kota Makassar.

ITE 2018 di Makassar | Foto: Int

“Iya, kegiatan ini digelar dua hari di Makassar. Sedangkan untuk yang di Jakarta tanggal 8,” kata Wardah, Project Manager Islamic Tourism Expo (ITE), Jumat (6/7/2018).

Warnasulsel.com

Wardah, Project Manager ITE 2018 | Foto: warnasulsel.com

Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa negara seperti Pakistan, Turki, Malaysia dan India.

“Jadi selain di Makassar (Indonesia) dilaksanakan juga di negara-negara lain, dengan peserta Internasional yang sama di beberapa negara itu,” sambung Wardah.

Wardah bercerita bahwa kegiatan ITE ini seperti halnya roadshow.

“Namanya juga beda-beda tiap negara. Misal di Malaysia namanya Mecca. Di sini namanya ITE,” tuturnya.

Makassar menjadi kota pertama di luar Jakarta yang menjadi tempat berlangsungnya ITE ini. Karena panitia melihat adanya potensi tersembunyi dari Makassar.

“Baru tahun ini di Makassar. Sangat sulit meyakinkan. Tapi akhirnya bisa. Karena potensi market di Makassar itu besar,” lanjutnya. “Kan di Makassar (Sulsel) sangat banyak pemberangkatan jemaah tiap tahunnya.”

Ruang registrasi pengunjung ITE 2018 | Foto: warnasulsel.com

Untuk jumlah pengunjung sendiri. Panitia mengharapkan adanya peningkatan dari hari sebelumnya.

“Kemarin ada 1500, diharapkan hari ini bisa lebih banyak.”

Wardah, Project Manager ITE 2018 juga membahas sisi lain dari ITE 2018.

“Jadi ini namanya Muslim Tour. Bukan cuma umroh/haji. Travel memberikan paket destinasi halal. Misal kunjungan negara ke Jepang. Jadi di sana mendatangi Masjid atau tempat wisata dengan jamuan makanan halal. Jadi lebih pas namanya perjalanan wisata halal.”

Exhibitor ITE 2018 | Foto: warnasulsel.com

Untuk target transaksi, Wardah mengatakan pameran ini targetnya 60 Miliar.

“Jadi target transaksi 60 M, karena ini adalah paket internasional, bukan hanya paket umroh, tapi juga perjalanan, bisnis, dan yang lain,” tutup Warda.

Leave a Reply