Connect with us

Kolom

Peran Lingkungan dalam Perkembangan Karakter Anak

Published

on

Karakter Anak
Spread the love

Oleh: Amalia Andini, Mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pasti kalian sudah tahu peribahasa “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Peribahasa tersebut mengandung arti sifat anak yang tidak jauh berbeda dari orangtuanya. Nah sama halnya dengan karakter anak, tidak akan jauh berbeda dengan karakter orangtuanya.

Bagaimanapun karakter orangtua baik atau buruk, karakter anak akan mengikuti karakter orangtuanya. Karena orangtua dan keluargalah orang pertama yang mereka temui saat mereka dilahirkan ke dunia.

Maka dari itu orangtua sangat berperan penting dalam perkembangan karakter anak.

Tapi bukan hanya orangtua yang berpengaruh dalam perkembangan karakter anak, lingkungan pun turut serta dalam perkembangan karakter anak.

Ada beberapa lingkungan yang dapat mempengaruhi karakter anak, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih perkembangan karakter? Nah perkembangan karakter ini adalah suatu perkembangan karakter atau perilaku seseorang.

Artinya perkembangan karakter atau perilaku seseorang yang terjadi secara tahapan demi tahapan.

Dalam tahapan tersebutlah seorang anak akan menemui suatu lingkungan yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Apa peran dari ketiga lingkungan tersebut?

Berikut penjelasannya.

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan karakteristik seorang anak.

Mengapa demikian? Karena lingkungan keluarga adalah lingkungan yang pertama kali ditemui oleh anak. Dengan demikian keluarga terutama orangtua, diwajibkan memberikan contoh yang baik kepada anak.

Seperti dalam meminta tolong yang didahulukan dengan kata tolong, dan setelah ditolong mengatakan kata terima kasih. Terlihat seperti sepele namun begitu berarti pada kehidupan seorang anak kedepannya.

Selanjutnya adalah lingkungan sekolah, lingkungan ini merupakan lingkungan yang dihadapi seorang anak setelah lingkungan keluarga.

Lingkungan sekolah adalah tempat anak mendapatkan ilmu dari guru dan juga menambah pertemanannya. Peran penting lingkungan sekolah adalah bagaimana cara lingkungan ini dalam membentuk karakter anak yang akan berpengaruh di dalam kehidupannya kelak. Kelak anak tersebut akan seperti apa.

Nah selain itu, guru sebagai bagian dari lingkungan sekolah pun berperan aktif dalam pembentukan karakter siswanya.

Bagaimana seorang guru mampu memberikan contoh yang baik kepada seluruh siswanya, dan bagaimana cara seorang guru mampu mengarahkan siswanya menjadi lebih baik. Seperti halnya jika berpapasan saling tegur sapa, memberikan senyuman, dan bersalaman.

Dan yang terakhir yaitu lingkungan masyarakat, lingkungan ini juga tidak kalah penting dalam perkembangan karakter anak. Mengapa demikian?

Karena dalam lingkungan ini, anak tanpa pengawasan orangtua ataupun guru, mampu merubah karakteristik yang telah ada dalam diri anak tersebut.

Maka dari itu masyarakat terutama orang yang lebih tua diharapkan mampu mengajak ataupun melarang seorang anak dalam melakukan sesuatu yang dilakukannya dan juga memberikan contoh yang baik seperti gotong royong, dan apabila melihat seseorang yang membutuhkan pertolongan tidak perlu segan-segan untuk menolongnya meskipun tidak diminta pertolongan.

Dengan adanya lingkungan-lingkungan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan seorang anak yang taat pada aturan, ramah, dan memiliki rasa saling tolong menolong.

Dan sebagai orang yang lebih tua mampu memberikan contoh yang baik kepada anak-anak yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

Editor media warnasulsel.com - Portal media kiwari yang menyajikan berita lebih hangat berfokus berita pendidikan, sastra, buku dan literasi di sulawesi selatan

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *