Connect with us

GEMA

Bupati Enrekang Puji Semangat dan Kinerja Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dalam Membangkitkan dan Membangun Gerakan Literasi di Sulsel

Published

on

Spread the love

Bupati Enrekang H. Muslimin Bando menyampaikan apresiasi dan pujian atas semangat dan kinerja dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan dalam membangkitkan semangat dan membangun Gerakan Literasi di Sulsel.

“Selama ini kalau Saya mendengar Kepala Perpustakaan Nasional RI ceramah tentang perpustakaan Saya selalu manggut-manggut, tapi ternyata ada Kadis di Sulawesi Selatan sudah hampir sama. Bagaimana kalau ikutmi ke sana, luar biasa,” ujarnya.

Pernyataan itu disampikan Bupati Muslimin Bando dalam sambutannya pada acara Pelantikan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Enrekang , Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) Kabupaten Enrekang dan Mitra Education And Literacy Kabupaten Enrekang serta Pelepasan secara resmi Rombongan Gempur Pustaka DPK Provinsi dan Kabupaten Kota se- Sulsel di Aula Rumah Jabatan Bupati Enrekang, Rabu (10/11/2021).

Berkali kali Bupati Muslimin Bando memuji kehebatan Kadis Hasan Sijaya dalam pertemuan tersebut, antara lain mampu menggerakkan 24 kabupaten Kota di Sulsel dalam kegiatan Gempur Pustaka.

“Hebat memang ini Kadis Perpustakaan Sulsel, saya selalu bilang janganmiki tinggal terus di Makassar, pergiki dengan Pak Syarif di sana. Karena hebat sekali, dari dulu kutahu bahwa hebat memangtong Pak Hasan ini. Dan Insya Allah kalau kita memanfaatkan peluang ini di era kepemimpinan beliau, Insya Allah akan berkembang pesat pustaka dan literasi di Sulawesi Sealatan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Pelantikan Pengurus Daerah GPMB Kabupaten Enrekang dilakukan Kadis Hasan Sijaya selaku Ketua GPMB Provisnsi Sulawesi Selatan, sedangkan Pelantikan Pengurus Forum TBM dan Mitra Education and Literacy dilakukan Kadis Hasan Sijaya selaku Pembina dari dua organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan literasi tersebut.

Dalam sambutannya usai melantik tiga organisasi mitra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini, Kadis Hasan Sijaya menyampaikan salam hormat dari Gubernur Sulsel Bapak Andi Sudirman Sulaiman atas inisiasi dan spirit yang begitu tinggi dari Bapak Bupati Enrekang sehingga mampu mendorong dan memajukan gerakan literasi khususnya yang ada di Kabupaten Enrekang.

Pelantikan dari tiga pengurus organisasi mitra DPK ini menurut Hasan Sijaya merupakan bahagian dari gerakan memajukan literasi kita, dan hari ini Kabupaten Enrekang menjadi role model untuk seluruh Sulawesi Selatan dalam rangka kepengurusan ini.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi getaran sehingga bisa tertular bagi pengurus-pengurus yang ada di 23 kabupaten kota lainnya di Sulsel,” tegas Hasan Sijaya.

Pada kesempatan itu Kadis Hasan Sijaya selaku Pemerintah Provinsi Sulsel dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel menyampaikan terima kasih kepada Bupati Enrekang dengan penyambutannya yang luar biasa pada rangkaian kegiatan Gempur Pustaka ini.

Iapun megakui, Bupati Enrekang H. Muslimin Bando ini adalah sosok pemimpin yang energic, sama seperti saudaranya Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando.

Bahkan Hasan Sijaya mengakui banyak terinspirasi dan menjabarkan gerakan yang dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, termasuk program unggulan dari Perpustakaan Nasional RI terkait Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklus Sosial yang menyentuh sampai ke pelosok desa dan Program Pojok Baca Digitan (Pocadi) sudah direplikasi dan diimplementasikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan di 166 titik perpustakaan penerima manfaat untuk replikasi mandiri di tahun 2020, dan tahun ini mudah-mudahan bisa terwujud lagi 200 titik untuk 24 kabupaten kota di Sulsel. Begitu juga dengan Pocadi sudah dijabarkan di daerah-daerah.

“Ini terobosan buat kita, dan saya menyikapinya. Getaran ini tidak sampai di sini saja Pak Bupati. Semua ini akan disikapi oleh teman dan sahabat saya para pejuang literasi yang ada di 24 kabupaten/kota,” tandasnya.

Kegiatan pelantikan yang merupakan rangkaian dari Gempur Pustaka ini juga dihadiri para Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan dari 24 kabupaten/kota se Sulsel.

“Kita berkumpul di sini dengan satu niat, satu tekad, semangat yang kuat dalam memajukan gerakan literasi kita mencerdaskan anak bangsa dari desa. Mudah mudahan pertemuan ini menjadi rahmat dan berkah bagi kita dan bermanfaat bagi masyarakat khsusnya para pegiat literasi yang ada di Kabupaten Enrekang” kuncinya. * (naz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *